4 Macam Gangguan Haid yang Tak Boleh Disepelekan

Kompas.com - 26/05/2020, 20:00 WIB
Ilustrasi menstruasi. shutterstockIlustrasi menstruasi.

KOMPAS.com – Menstruasi atau haid adalah siklus wajar yang akan dialami oleh setiap wanita yang memiliki kondisi kesehatan normal.

Tetapi, pada saat haid, dapat pula terjadi beberapa hal yang mungkin bisa mencemaskan para wanita itu sendiri maupun keluarga.

Beberapa gangguan atau perubahan keadaan yang terjadi pada saat menstruasi tersebut pasalnya bisa berujung fatal apabila tidak disikapi dengan tepat.

Maka dari itu, penting kiranya bagi para wanita, termasuk para pria untuk memahami berbagai gangguan haid sebagai langkah antisipasi terhadap kondisi kesehatan yang tidak dinginkan.

Baca juga: Haid Pertama pada Remaja, Apa Saja yang Normal dan Tidak?

Macam gangguan haid

Melansir Buku Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita Edisi 2 (2009) oleh dr. Ida Ayu Chandranita Manuaba, Sp.OG, dkk., terdapat beberapa macam gangguan haid yang bisa dialami oleh para wanita.

Berikut jenis gangguan haid dan penjelasannya:

1. Perdarahan di luar haid

Perdarahan di luar haid dapat disebut juga sebagai metroragia.

Perdaragan ini dapat disebabkan oleh keadaan yang bersifat hormonal atau kelainan anatomis.

Pada kelainan hormonal, terjadi gangguan poros hipotalamus-hipofise, ovarium atau indung telur, dan rangsangan estrogen dan progesteron.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X