Kompas.com - 18/07/2020, 12:02 WIB
Ilustrasi bawang putih AmaritaIlustrasi bawang putih

KOMPAS.com – Batuk adalah penyakit yang mudah menyerang siapa saja saat kondisi tubuh lemah.

Beberapa penyebab batuk, di antaranya yakni bisa karena alergi, infeksi virus atau bakteri, asam lambung, atau menjadi gejala penyakit tertentu.

Secara umum, batuk yang menyeran dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni batuk berdahak atau batuk kering.

Baca juga: 9 Tanaman Herbal untuk Mengobati Asam Urat

Ketika mengalami batuk tersebut, beberapa orang memerlukan obat batuk untuk mengurangi rasa gatal pada tenggorokan dan menyembuhkan gejala penyakit yang menyerang.

Namun, apabila ingin mencoba alternatif lain, penderita batuk sebenarnya dapat memanfaatkan obat batuk herbal atau obat batuk alami.

Melansir berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa tanaman atau bahan makanan yang dapat dijadikan sebagai obat batuk herbal:

1. Kencur

Melansir Buku Jus Herbal (2007) oleh Ning Harmanto, rimpang kencur mengandung borneol, methyl-pcumaric acid, cinnamicacid ethtyl-ester pentadecane, cinnamic aldehyde, camphene, dan lain-lain.

Oleh karen kandungannya, kencur memiliki khasiat, antara lain untuk menghangatkan, menghilangkan rasa sakit, memudahkan pengeluaran air dan angina dari tubuh, hingga mengencerkan dahak.

Meski hanya sedikit, kencur segar telah mengandung antibakteri.

Baca juga: 10 Manfaat Kencur, Obati Batuk hingga Turunkan Kolesterol

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X