Kompas.com - 19/07/2020, 13:31 WIB
Ilustrasi melahirkan ShutterstockIlustrasi melahirkan

KOMPAS.com – Operasi caesar atau section caesaria adalah proses persalinan dengan melakukan pembedahan di mana irisan dilakukan di perut wanita (laparotomi) dan rahim (histerektomi) untuk mengeluarkan bayi.

Ada beberapa pertimbangan yang mungkin akan diterima oleh ibu hamil ketika direkomendasikan oleh dokter untuk melahirkan secara caesar.

Baca juga: Benarkah Melahirkan Secara Caesar Buat Wanita Belum Jadi Ibu Sempurna?

Dokter spesialis kandungan dan kebidanan RSUD Bung Karno Surakarta, dr. Andy Wijaya, Sp.OG, M.Kes, menjelaskan setidaknya ada 3 faktor penyebab operasi caesar pada ibu hamil perlu dilakukan.

Berikut 3 faktor yang menjadi pertimbangan operasi caesar itu:

1. Jalan lahir (passage)

Ada kondisi cephalopelvic disproportion (CPD), di mana ukuran panggul ibu sempit dan tidak proporsional dengan ukuran janin.

2. Janin (passanger)

Bayi terlalu besar atau ada kegawatan janin.

3. Kekuatan ibu (power)

Kekuatan kontraksi pada ibu yang kurang.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X