9 Penyebab Telapak Tangan Gatal dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 06/09/2020, 19:33 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Telapak tangan yang gatal sering kali disebabkan oleh kondisi kulit yang umum, tetapi juga bisa menandakan adanya masalah mendasar yang lebih serius.

Menurut takhayul, telapak tangan kiri dan kanan yang gatal dipercaya sebagai tanda bahwa seseorang akan menerima sejumlah uang.

Padahal, ada beberapa alasan medis yang dapat menjelaskan penyebab telapak tangan seseorang tiba-tiba gatal dan terasa panas.

Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

Penyebab telapak tangan gatal

Rasa gatal pada telapak tangan kerap kali tak hanya menimbulkan ketidaknyamanan, tapi dapat pula mengganggu tugas sehari-hari.

Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab telapak tangan gatal untuk diwaspadai:

1. Eksim tangan

Eksim adalah gangguan kulit yang bisa terjadi di bagian tubuh mana pun, termasuk telapak tangan.

Melansir Medical News Today, berdasarkan National Eczema Association, diperkirakan 10 persen orang di Amerika Serikat menderita eksim tangan.

Kondisi tidak menular ini dapat menyebabkan telapak tangan gatal, kulit merah, pecah-pecah, kering, dan terkadang melepuh.

Ada subtipe eksim tangan yang disebut eksim dyshidrotic, yang menyebabkan seseorang mengalami lepuhan kecil yang gatal terutama di tangan dan terkadang kaki.

Baca juga: 8 Cara Mudah Menghilangkan Bau Ketiak

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X