Kompas.com - 06/09/2020, 18:02 WIB
Ilustrasi sakit gigi Ilustrasi sakit gigi

KOMPAS.com - Kesehatan mulut tak boleh diabaikan begitu saja.

Karena mulut adalah jalan masuk utama ke dalam tubuh, kesehatan mulut yang buruk dapat berdampak negatif bagi seluruh tubuh.

Gigi yang sakit, gusi yang berdarah, dan nafas yang berbau tidak sedap merupakan tanda atau indikator dari kesehatan mulut yang buruk.

Baca juga: 6 Bahaya Karang Gigi Jika Dibiarkan Menumpuk

Bakteri dari mulut dapat dengan mudah masuk ke aliran darah hingga menyebabkan infeksi dan peradangan di manapun kuman menyebar.

Jadi, penting bagi siapa saja untuk senantiasa mempraktikkan kebersihan mulut yang baik dan mengunjungi dokter gigi secara teratur guna menghindari risiko serius bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berikut ini adalah beberapa masalah kesehatan umum dan serius yang dapat disebabkan oleh kesehatan mulut yang buruk:

Gejala serangan jantung saat tidur, seperti nyeri dada dan muncul keringat dingin penting dikenali untuk dapat dikonsultasikan segera dengan dokter.

1. Penyakit kardiovaskular

Memiliki kesehatan mulut yang buruk ternyata bukan tidak mungkin dapat membuat seseorang berisiko terkena penyakit jantung.

Melansir Absolute Dental, jika gusi meradang karena bakteri yang menyebabkan penyakit periodontal, bakteri yang sama sebenarnya bisa masuk ke aliran darah lalu menyebabkan arteri menumpuk dan mengeras.

Pengerasan arteri ini disebut aterosklerosis, kondisi medis yang tak boleh disepelekan.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Health Line,
Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Coxsackie
Coxsackie
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.