Miss V Sakit setelah Berhubungan Seks, Begini Cara Mengatasinya...

Kompas.com - 11/09/2020, 21:04 WIB
Ilustrasi vagina BarabasaIlustrasi vagina

KOMPAS.com - Vagina sakit setelah berhubungan seks merupakan salah satu problem kesehatan wanita yang banyak dikeluhkan.

Dilansir dari Healthline, rasa tak nyaman karena miss v lecet, perih, dan sakit setelah berhubungan seks umumnya muncul dari vulva.

Vulva adalah bagian luar alat kelamin wanita. Organ ini terdiri atas labia atau bibir vagina, klitoris, lubang vagina, dan lubang uretra.

Baca juga: 7 Bahaya Seks Oral dari Penyakit Menular Seksual yang Perlu Diwaspadai

Cara mengatasi miss v sakit setelah berhubungan seks perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Berikut beberapa di antaranya:

1. Pastikan lubrikasi memadai

Penyebab vagina sakit setelah berhubungan seks adalah kurangnya lubrikasi atau pemanasan.

Melansir Self, setiap orang dapat menghasilkan pelumas alami yang berbeda-beda. Tergantung kondisi dan kesehatannya masing-masing.

Saat vagina kurang lubrikasi ketika berhubungan seks, gesekan alat kelamin dapat menyebabkan luka kecil di kulit sekitar area intim.

Cara mengatasi miss v sakit setelah berhubungan seks karena kurang lubrikasi ini bisa dengan mengoleskan pelumas bebas alkohol di vagina.

Tak hanya sebelum berhubungan seks, bila perlu oleskan pelumas yang berfungsi melembabkan vagina ini setelah bercinta.

Baca juga: Tips Memilih Pelumas Seks yang Aman

2. Hindari seks terlalu kasar atau terasa tak nyaman

Gesekan alat kelamin atau aktivitas seksual terlalu kasar atau bikin tak nyaman dapat menyebabkan iritasi pada vulva atau area sekitar vagina.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X