Kompas.com - 08/01/2021, 06:07 WIB
Ilustrasi vagina BarabasaIlustrasi vagina

KOMPAS.com – Kanker vagina adalah kanker yang terjadi di vagina, yakni saluran yang menghubung leher rahim dengan alat kelamin bagian luar wanita.

Kanker vagina dilaporkan paling sering terjadi pada sel-sel yang melapisi permukaan vagina atau terkadang disebut jalan lahir.

Kanker yang dimulai di vagina atau kanker vagina primer termasuk kasus kanker yang jarang terjadi.

Baca juga: 4 Cara Deteksi Dini Kanker Serviks

Tapi, beberapa jenis kanker dapat menyebar ke vagian dari tempat lain di tubuh.

Sama seperti jenis kanker lainnya, kanker vagina layak diwaspadai karena bisa berbahaya atau mengancam jiwa.

Merangkum Mayo Clinic, kanker vagina yang tidak segera ditangani dapat membesar dan menyebar ke jaringan sekitar vagina.

Kanker vagina bahkan dapat menyebar (bermetastasis) ke area yang jauh dari organ vital ini, seperti paru-paru, hati, dan tulang.

Cara mencegah kanker vagina

Cara terbaik untuk mengurangi risiko kanker vagina adalah menghindari faktor risiko penyebab kanker yang diketahui dan menemukan serta mengobati pra-kanker vagina.

Tetapi, karena banyak wanita dengan kanker vagina tidak memiliki faktor risiko yang diketahui, penyakit ini tidak dapat dicegah sepenuhnya.

Meski demikian, beberapa hal demikian baik dilakukan sebagain bagian dari cara mencegah kanker vagina:

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X