7 Cara Membersihkan Paru-paru Karena Rokok dan Polusi

Kompas.com - 24/02/2021, 06:07 WIB
Ilustrasi paru-paru shutterstockIlustrasi paru-paru

KOMPAS.com – Cara membersihkan paru-paru kiranya penting dipahami oleh para perokok.

Informasi ini juga perlu diketahui oleh orang yang sering terpapar polusi udara dan orang dengan kondisi kronis yang memengaruhi sistem pernapasan, seperti asma, penyakit paru obstruktif kronik ( PPOK), serta fibrosis kistik.

Seperti diketahui, menghirup polusi udara, asap rokok, dan racun lainnya dapat merusak paru-paru dan bahkan menyebabkan penyakit.

Baca juga: 5 Penyebab PPOK pada Orang Bukan Perokok

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), paparan polusi udara menyebabkan 4,2 juta kematian di seluruh dunia setiap tahun. Catatan ini tentu mengkhawatirkan.

Kesehatan paru-paru memang memegang peran penting untuk kesehatan seseorang secara keseluruhan.

Paru-paru sebenarnya adalah organ yang dapat membersihkan diri sendiri.

Di mana, paru-paru akan mulai menyembuhkan diri sendiri begitu terpapar polutan berhenti. Misalnya, saat seseorang berhenti merokok.

Setelah paru-paru terpapar polusi, seperti asap rokok, dada seseorang mungkin terasa penuh, sesak, atau meradang. Perasaan berat ini dapat muncul saat lendir berkumpul di paru-paru untuk menangkap mikroba dan patogen.

Orang-orang mungkin dapat menggunakan metode khusus untuk membantu membersihkan paru-paru dari lendir dan iritan untuk meredakan dada tersumbat maupun gejala tidak nyaman lainnya.

Beberapa metode ini juga dapat membuka saluran udara, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan mengurangi peradangan, yang dapat membantu mengurangi efek polusi dan asap di paru-paru.

Baca juga: 11 Gejala Emboli Paru yang Perlu Diwaspadai

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X