Kompas.com - 17/04/2021, 12:09 WIB
ilustrasi ibu hamil shutterstockilustrasi ibu hamil

KOMPAS.com – Jika Anda seorang wanita muslim yang sedang hamil atau berencana untuk hamil, Anda mungkin memiliki pertanyaan mengenai apakah ibu hamil boleh puasa atau tidak selama Ramadhan?

Dalam bukunya Buku Tanya Jawab Problem, Mitos, & Penyakit Seputar Kehamilan (2012), dr. Purnawan Setnoaji, SpOG, menjelaskan bahwa dari segi kesehatan, tidak apa-apa bagi ibu hamil berpuasa, termasuk yang baru memasuki usia kehamilan trimester pertama.

Namun, sebelum berpuasa, harus dipastikan dulu ibu hamil dalam kondisi sehat secara fisik dan psikis. Tujuannya adalah agar kesehatan ibu hamil maupun janin tidak terganggu.

Baca juga: Alasan Tidur Siang Tidak Boleh Terlalu Lama

Untuk memastikan hal ini, ibu hamil dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Sementara, jika ibu hamil takut puasa akan membahayakan kesehatannya atau kesehatan bayinya, disebutkan bahwa hukum Islam memberikan izin bagi wanita hamil maupun menyusui untuk tidak berpuasa.

Tips puasa untuk ibu hamil

Melansir Eshospital, sebenarnya dianjurkan bagi wanita untuk tidak berpuasa selama kehamilan maupun menyusui.

Tetapi, memang masih dimungkinkan bagi ibu hamil untuk makan dan minum dengan baik dan memberi makan janin dengan baik selama puasa .

Jika Anda memilih untuk berpuasa, berikut adalah beberapa tips untuk makan dengan baik dan tetap terhidrasi selama jam makan dan minum selama Ramadan:

1. Membuat agenda makan

Untuk memastikan kecukupan asupan nutrisi tubuh, ibu hamil perlu membuat agenda makan selama bulan Ramadhan.

Halaman:

Sumber Nutrition,
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X