Kompas.com - 11/06/2021, 10:32 WIB

KOMPAS.com – Pernahkah Anda mendengar pernyataan kurang minum bisa menyebabkan sakit pinggang?

Jika pernah? Bagaimana reaksi Anda? Apakah Anda pada akhirnya menjadi berupaya selalu mencukupi kebutuhan cairan tubuh?

Jika iya, Anda lebih baik mempertahankan kebiasaan tersebut karena mencukupi kebutuhan cairan tubuh secara umum baik untuk kesehatan.

Baca juga: Bagaimana Kurang Minum Bisa Sebabkan Gagal Ginjal?

Tapi, benarkah kurang minum bisa menyebabkan sakit pinggang?

Melansir Atlantic Brain & Spine, kurang minum mungkin dapat menyebabkan sakit pinggang jika sampai lebih dulu menimbulkan dehidrasi.

Dehidrasi dapat menyebabkan sakit punggung ketika bahan mirip agar-agar (gelatinous) di dalam cakram (bantalan sendi) Anda kehilangan air dan tidak mampu menahan berat tubuh Anda. Kondisi ini dapat menyebabkan cakram itu kempis yang dapat memberi tekanan pada saraf sensitif yang keluar dari tulang belakang.

Seperti diketahui, di antara setiap dua ruas tulang di tulang belakang Anda, ada cakram yang memiliki tugas utama menjaga posisi tulang belakang.

Cakram berfungsi memberikan bantalan, mencegah benturan antartulang, meredam goncangan, dan mendukung mobilitas tulang belakang.

Sekarang, penting untuk dicatat bahwa cakram Anda dirancang sangat mirip dengan donat jeli. Di mana, cakram ini memiliki cincin serat luar yang kuat dengan zat yang lebih lembut dan lebih kenyal di tengahnya.

Pusat gelatinous yang dikenal secara ilmiah sebagai nukleus pulposus ini terutama terdiri dari air dan yang menyediakan sebagian besar bantalan untuk tulang belakang Anda.

Baca juga: 9 Bahaya Tak Minum Air Putih 8 Gelas Sehari

Halaman:

Video Pilihan

Sumber ,
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.