Kompas.com - 01/09/2021, 16:02 WIB

KOMPAS.com - Penyakit autoimun atau dikenal juga dengan istilah gangguan autoimun termasuk kategori penyakit yang umum terjadi, bahkan di sejumlah negara menempati posisi ketiga terbanyak setelah kanker dan penyakit kardiovaskular.

Dilansir dari Medical News Today, penyakit autoimun terjadi ketika sistem kekebalan Anda tidak dapat membedakan antara sel Anda sendiri dan sel asing, menyebabkan tubuh untuk menyerang sel-sel sehat.

Sebuah penelitian berjudul “The Prevalence of Autoimmune Disorders in Women: A Narrative Review” yang diterbitkan Cureus pada Mei 2020, menunjukkan data bahwa sekitar 80 persen dari semua pasien yang didiagnosis dengan penyakit autoimun adalah wanita.

Baca juga: 5 Gejala Penyakit Autoimun yang Umum Dirasakan Pengidapnya

Penelitian tersebut juga memperkirakan bahwa penyakit autoimun dua kali lebih mungkin menyerang wanita daripada pria.

Mekanisme timbulnya pasti penyakit autoimun masih belum jelas. Tetapi, para ilmuwan telah menunjukkan dua kemungkinan alasan mengapa penyakit ini lebih sering terjadi pada wanita daripada pria.

Ini adalah:

1. Genetika

Jumlah gen yang lebih besar yang berasal dari kromosom X (wanita memiliki dua sedangkan pria memiliki satu) menciptakan kemungkinan yang jauh lebih besar dari jumlah mutasi yang lebih besar.

Kondisi ini diyakini menempatkan wanita pada risiko yang lebih besar untuk pengembangan penyakit autoimun.

2. Perubahan hormonal

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.