Kompas.com - 24/10/2021, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Musim penghujan ini membawa kita rentan terkena flu. Karena itu, kita disarankan untuk rutin melakukan vaksin flu.

Menurut data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), flu telah mengakibatkan sekitar 12 ribu hingga 52 ribu kasus kematian.

Karena itu, kita harus melakukan langkah pencegahan dengan melakukan vaksin. Namun banyak orang bertanya-tanya, saat kita sedang jatuh sakit atau tidak enak badan, apakah aman untuk melakukan vaksinasi flu?

Vaksin flu saat sakit

Menurut Donald Ford, ketua Departemen Kedokteran Keluarga di Klinik Cleveland, saat kita sedang jatuh sakit ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan jika ingin melakukan vaksinasi flu.

“Jika Anda menderita penyakit ringan atau pilek, melakukan vaksinasi flu tidak akan menimbulkan risiki apapun," ungkapnya.

Namun saat kita sakit parah, seperti demam di atas 38 derajat celcius, Fors menyarankan kita agar melakukan vaksinasi flu saat kondisi tubuh sudah fit.

"Suhu tubuh adalah penanda. Jika Anda demam tinggi hingga nagsu makan berkurang, sebaiknya tunda lakukan vaksinasi," tambah Ford.

Baca juga: Eklampsia

Bahaya vaksin flu saat sakit

Sebenarnya, melakukan vaksinasi flu saat kita sedang sakit tidak akan menimbulkan risiki apapun.

Namun, hal terbaik yang perlu kita lakukan adalah membiarkan tubuh fokus untuk menangani penyakit yang ada.

"Sistem kekebalan tubuhbsedang sibuk melawan penyakit yang Anda. Ketika Anda mendapatkan vaksin, sistem kekebalan tubuh akan bekerja semakin efektif," ungkap Ford.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.