Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Mengobati Kanker Sinus yang Penting Diketahui

Kompas.com - 31/10/2021, 05:04 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

KOMPAS.com – Kanker sinus adalah kanker yang berkembang di sinus.

Sinus merupakan rongga kecil yang saling terhubung melalui saluran pernapasan di dalam tulang tengkorak.

Melansir Cancer Center, jika Anda menerima diagnosis kanker sinus, hal pertama yang mungkin akan dilakukan dokter adalah melakukan penilaian menyeluruh terhadap tumor.

Baca juga: 10 Gejala Kanker Tenggorokan yang Perlu Diwaspadai

Ini karena protokol pengobatan kanker sinus bergantung pada stadium penyakit, ukuran dan jenis tumor, serta lokasi tepatnya tumor berkembang.

Setelah kanker Anda diperiksa, tim dokter dapat bekerja dengan Anda untuk merumuskan rencana perawatan individual yang memaksimalkan peluang Anda untuk mencapai remisi penuh sambil meminimalkan efek samping yang dapat memengaruhi kualitas hidup Anda.

Dalam penanganan kanker tumor, Anda mungkin membutuhkan dukungan dari dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) dan spesialis kanker yang disebut ahli onkologi.

Cara mengobati kanker sinus

Secara umum pilihan pengobatan kanker sinus terdiri dari tiga tindakan, yakni operasi, radiasi, dan kemoterapi.

Berikut penjelasanya:

1. Operasi

Jenis prosedur pembedahan yang digunakan untuk mengatasi kanker sinus pada akhirnya akan bergantung pada lokasi tumor, seberapa besar, dan struktur lain yang terlibat.

Dilansir dari Verywell Health, operasi berikut ini paling sering digunakan untuk menghilangkan tumor kanker sinus:

  • Eksisi lokal luas (wide local excision): Tumor stadium awal di rongga hidung dapat diangkat menggunakan eksisi lokal luas. Selama prosedur ini, dokter spesialis THT atau ahli onkologi akan mengangkat tumor dan beberapa jaringan normal di sekitarnya
  • Operasi sinus endoskopi: Prosedur invasif minimal ini menggunakan alat berbentuk selang tipis kecil dengan kamera di ujungnya yang disebut endoskopi untuk mengidentifikasi dan mengangkat tumor dari rongga hidung
  • Maksilektomi medial: Tumor kecil di dinding tengah sinus dapat diangkat dengan operasi yang disebut maksilektomi medial. Dalam beberapa kasus, operasi ini mungkin melibatkan pengangkatan bagian dari langit-langit keras yang membentuk langit-langit mulut. Jika demikian, dokter kemungkinan akan merujuk pasien ke dokter gigi khusus, yakni prostodontis, yang dapat membuat prostetik gigi tiruan khusus untuk mengisi lubang yang dibuat selama operasi. Seorang ahli bedah plastik atau THT juga dapat dipanggil untuk melakukan operasi rekonstruksi
  • Diseksi leher: Jika kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening di leher, seperti yang terlihat pada kasus yang lebih lanjut, kelenjar getah bening mungkin perlu diangkat melalui operasi yang disebut diseksi leher

Baca juga: 10 Penyebab Leher Sakit dan Cara Mengatasinya

Sebelum prosedur operasi, dokter biasanya akan menanyakan tentang obat apa pun yang pernah dikonsumsi pasien, kondisi medis sebelumnya, reaksi alergi, dan apakah pasien merokok, minum, atau menggunakan alkohol.

Pasien mungkin akan diminta untuk berhenti merokok sebelum operasi dan mungkin juga harus berhenti minum obat tertentu selama 24 hingga 48 jam sebelumnya.

2. Terapi radiasi

Radiasi umumnya digunakan beriringan dengan operasi dan serangkaian dengan kemoterapi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com