Kompas.com - 07/12/2021, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Ibu hamil dianjurkan melakukan olahraga ringan oleh para ahli kesehatan.

Mengutip NHS, olahraga bisa memperkuat otot dan sendi, mencegah berat badan berlebih, meredakan sakit punggung, serta meminimalkan komplikasi persalinan pada ibu hamil.

Menurut ACOG, berolahraga selama kehamilan juga dapat menurunkan insiden kelahiran prematur, sesar, diabetes gestasional atau gangguan hipertensi, dan berat badan bayi lahir rendah.

Olahraga bagi ibu hamil juga merupakan cara terbaik untuk menjaga kebugaran jasmani, mengurangi nyeri punggung, mengatasi gejala depresi dan kecemasan, serta meningkatkan pemulihan pasca persalinan.

Baca juga: 4 Jenis Olahraga Untuk Turunkan Kolesterol

Mengutip Healthline, Brooke Cates, ahli kebugaran prenatal dan postpartum mengatakan beberapa latihan olahraga dapat dilakukan di setiap trimester untuk mendukung tubuh ibu hamil melalui fase perubahan fisik sambil mempersiapkan pemulihan kondisi pascapersalinan.

Namun tidak semua olahraga dianjurkan untuk ibu hamil.

Olahraga yang baik bagi ibu hamil adalah yang ringan, sedikit risiko cedera, dan tidak menguras energi berlebihan, contohnya jalan cepat dan berenang.

Berikut ulasan beberapa olahraga yang aman untuk ibu hamil:

1. Jalan cepat

Melansir Medical News Today, jika sebelum hamil jarang berolahraga atau hampir tidak pernah, maka jalan cepat ini dapat menjadi pilihan tepat ibu hamil untuk mulai olahraga.

Jalan cepat memiliki beberapa keunggulan, di antaranya yaitu gratis, dapat dilakukan di lingkungan rumah kapan saja, teman dan anggota keluarga bisa bergabung, serta memberikan latihan kardiovaskular dengan aman.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.