Kompas.com - 18/01/2022, 14:01 WIB

KOMPAS.com - Sejumlah wanita ada yang khawatir suntik vaksin Covid-19 saat haid bakal berdampak pada tubuhnya.

Terlebih di tengah rasa tidak enak badan yang biasanya menyertai menstruasi; seperti kram perut, sakit kepala, mual, sakit punggung, dan sebagainya.

Kondisi ini tak pelak kerap memunculkan pertanyaan, apakah wanita boleh suntik vaksin Covid-19 saat haid? Simak penjelasan berikut.

Baca juga: Kenali Perbedaan Gejala Covid-19 Varian Omicron dan Delta

Apakah boleh suntik vaksin Covid-19 saat haid?

Chief Scientist dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Dr Soumya Swaminathan menjelaskan, wanita boleh disuntik vaksin Covid-19 saat haid.

Menurut Swaminathan, hingga kini belum ada studi yang menyebutkan vaksin Covid-19 tidak boleh diberikan untuk wanita yang tengah menstruasi.

Senada dengan WHO, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi juga menyatakan, wanita boleh diberi vaksin Covid-19 meskipun sedang haid.

Namun, Nadia menyampaikan wanita dapat menunda vaksinasi Covid-19 apabila merasakan haidnya berat, disertai keluhan lemas, kram perut, sakit kepala, atau demam ringan.

"Kalau ada keluhan lain tentunya vaksinasi boleh ditunda sampai sakit atau nyerinya hilang,” kata Nadia, seperti dilansir Indonesia Baik, Senin (19/4/2021).

Baca juga: Kenali 5 Merek Vaksin Booster untuk Lawan Covid-19

Kenapa wanita tak perlu khawatir suntik vaksin Covid-19 saat haid?

Perlu dipahami, siklus menstruasi adalah proses alami yang tidak memengaruhi respons imun tubuh.

Dikutip dari Pharmeasy, wanita mengalami perubahan hormon saat haid. Kondisi ini terkadang menyebabkan efek samping yang membuat tubuh tidak nyaman.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.