Kompas.com - 31/01/2022, 20:01 WIB

KOMPAS.com - Penyakit reumatik atau dikenal dengan istilah rematik adalah nyeri pada otot, jaringan ikat, sendi, atau tulang.

Penyakit ini biasanya menyerang sendi kaki dan tangan, ruas jari-jari kaki dan tangan, lutut, tumit, serta leher.

Perlu diketahui, penyakit rematik susah disembuhkan. Namun, pemberian obat medis dan beberapa bahan alami bisa membantu mengurangi nyeri gejala utama penyakit.

Baca juga: Kenali Apa itu Penyakit Jantung Rematik, Penyebab, dan Gejalanya

Obat rematik alami

Cara mengobati rematik biasanya mengandalkan obat penghilang rasa sakit atau obat anti-inflamasi non steroid (NSAID) untuk mengurangi nyeri.

Selain itu, ada beberapa obat rematik alami untuk mendukung pengobatan dokter. Melansir Everyday Health, berikut beberapa di antaranya:

  • Jahe

Jahe mengandung zat antiperadangan yang bisa membantu mengobati rematik. Bahan alami ini memiliki kemampuan untuk menekan peradangan sekaligus rasa sakit.

Cara membuat obat rematik alami dari jahe cukup mudah. Siapkan wedang jahe dengan menyeduh rempah ini dengan air panas. Atau, tambahkan jahe ke dalam bumbu masakan akan dikonsumsi.

  • Thyme

Bumbu dapur yang kerap digunakan sebagai rempah penyedap makanan khas Mediterania, Italia, Prancis, dan Timur Tengah ini memiili zat anti-peradangan dan anti-mikroba.

Cara mengobati rematik dengan thyme juga praktis. Tinggal tambahkan setangkai rempah thyme ke dalam makanan yang akan dikonsumsi.

Baca juga: 7 Gejala Demam Rematik dan Penyebabnya

  • Kunyit

Selain dapat digunakan sebagai bumbu masakan, kunyit juga dapat dimanfaatkan sebagai obat rematik alami.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.