Kompas.com - 08/03/2022, 20:01 WIB

KOMPAS.com - Cara meningkatkan kesuburan secara alami bisa dengan bantuan pola makan tepat dan gaya hidup sehat.

Perlu diketahui, masalah kesuburan termasuk salah satu gangguan kesehatan reproduksi yang membuat pasangan susah mendapatkan momongan.

Pasangan disebut mengalami masalah kesuburan apabila sudah rutin berhubungan seks tanpa kontrasepsi selama lebih dari setahun dan belum hamil.

Baca juga: 5 Vitamin untuk Program Hamil yang Baik Dikonsumsi Calon Bumil

Beberapa pasangan yang sudah program kehamilan terkadang enggan langsung mengambil tindakan medis tertentu untuk berupaya mendapatkan buah hati.

Namun, jangan khawatir, ada sederet langkah alami yang bisa dijajal pasangan untuk program kehamilan. Simak penjelasan berikut.

Cara meningkatkan kesuburan secara alami

Ada beberapa cara untuk meningkatkan kesuburan secara alami yang minim efek samping sekaligus bisa menjaga kesehatan, antara lain:

  • Berhubungan seks di masa subur

Dilansir dari WebMd, pasangan yang sedang mendambakan momongan dianjurkan untuk berhubungan seks di masa subur.

Gunakan alat tes kesuburan yang dijual di apotek atau toko obat. Atau, jika siklus haid wanita teratur, coba hitung masa subur secara manual atau gunakan kalender masa subur daring.

Ovulasi terjadi sekitar hari ke-14 dari siklus haid. Lakukan hubungan seks setidaknya dua hari sekali di masa subur, terutama lima hari sebelum dan sesudah ovulasi.

  • Setop merokok dan hindari paparan asap rokok

Kebiasaan merokok atau kerap terpapar asap rokok tak hanya merusak kesehatan, tapi juga bisa menurunkan kualitas sperma dan mengganggu kesuburan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.