Kompas.com - 01/04/2022, 19:01 WIB

KOMPAS.com - Banyak penderita bertanya-tanya, bagaimana mereka bisa terkena penyakit kanker otak? Apa penyebabnya?

Perlu diketahui, kanker otak adalah tumor ganas yang menyerang otak. Penyakit ini bisa bermula di otak atau dari organ lain lalu menyebar ke otak.

Ada banyak jenis kanker otak. Beberapa di antaranya yang kerap diidap di antaranya astrositoma, oligodendroglioma, glioblastoma, medulloblastoma, meningioma, kraniofaringioma, dan glioma.

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai penyebab kanker otak sampai faktor risiko yang meningkatkan peluang seseorang terkena penyakit ini.

Baca juga: 18 Gejala Kanker Otak, Tak Hanya Sakit Kepala

Apa penyebab kanker otak?

Dilansir dari Cancer Center, penyebab kanker otak hingga kini belum diketahui secara pasti.

Namun, para ahli meyakini ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit ini, di antaranya:

  • Faktor usia

Beberapa jenis kanker otak seperti glioma, meningioma, dan kraniofaringioma lebih sering menyerang orang di atas usia 65 tahun. Kecil kemungkinan orang yang usianya lebih muda terkena kanker otak.

  • Gangguan sistem daya tahan tubuh

Beberapa orang dengan gangguan sistem daya tahan tubuh lebih berisiko terkena penyakit kanker otak dibandingkan orang dengan daya tahan tubuh prima.

  • Faktor keturunan

Riwayat keluarga juga bisa memengaruhi seseorang terkena penyakit von hippel-lindau, sindrom li-fraumeni, dan neurofibromatosis. Penyakit ini dapat meningkatkan risiko penyakit kanker otak.

Baca juga: Kanker Otak Glioblastoma: Gejala, Diagnosis, Cara Mengobati

  • Terpapar bahan kimia berbahaya

Dilansir dari Healthline, bahan kimia yang digunakan dalam industri penyulingan minyak, manufaktur karet, pabrik obat, industri tekstil, pertanian, dan kebiasaan merokok bisa meningkatkan peluang seseorang terkena kanker otak.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.