Kompas.com - 31/03/2022, 21:01 WIB

KOMPAS.com - Penyebab kesuburan pria menurun bisa berasal dari penyakit sampai kondisi kesehatan tertentu.

Masalah kesehatan reproduksi pria ini cukup lazim. Dilansir dari Urology Health, lebih dari sepertiga pria mengalami infertilitas atau gangguan kesuburan.

Kenali beberapa penyebab dan cara mencegah masalah kesehatan reproduksi pria ini.

Baca juga: 14 Cara Meningkatkan Kesuburan secara Alami

Penyebab kesuburan pria menurun

Beberapa kondisi dan penyakit pemicu infertilitas atau gangguan kesuburan pria, antara lain:

  • Kualitas dan kuantitas sperma tidak ideal

Dilansir dari NHS, penyebab kesuburan pria menurun utamanya dari jumlah sperma terlalu sedikit, pergerakan sperma kurang aktif, atau bentuk sperma tidak normal.

  • Gangguan pada testis

Testis bertugas memproduksi dan menyimpan sperma. Jika mengalami gangguan, kualitas sperma dan air mani praktis menurun. Kondisi ini bisa disebabkan infeksi, kanker, cedera, atau kelainan bawaan pada testis.

  • Kadar hormon seks rendah

Beberapa pria memiliki kadar hormon seks testosteron di bawah normal. Hormon ini penting untuk memproduksi sperma. Menurunnya testosteron bisa disebabkan tumor, penyalahgunaan narkoba, atau sindrom klinefelter.

  • Pembuluh darah alat kelamin bengkak

Dilansir dari Mayo Clinic, varikokel atau pembengkakan pada pembuluh darah yang mengalir ke alat kelamin pria juga bisa menyebabkan masalah kesuburan pria. Kondisi ini bisa menurunkan kuantitas dan kualitas sperma.

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Kesuburan Pria menurut Sains

  • Infeksi menular seksual

Beberapa infeksi menular seksual seperri gonore dan HIV bisa menyebabkan kerusakan pada testis dan memengaruhi produksi sperma.

  • Masalah ejakulasi

Beberapa pria mengalami masalah ejakulasi, dampaknya air mani yang keluar selama orgasme justru mengalir ke kandung kemih. Kondisi ini bisa disebabkan penyakit diabetes, cedera tulang belakang, atau gangguan saluran kencing.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.