Kompas.com - 22/04/2022, 22:01 WIB

KOMPAS.com - Para orangtua yang tengah menantikan kelahiran buah hatinya perlu mengenali bahaya kaki bengkak saat hamil.

Seperti diketahui, kaki bengkak saat hamil umumnya normal karena dipengaruhi perubahan tubuh selama kehamilan.

Dilansir dari laman resmi American Pregnancy Association, penyebab kaki bengkak saat hamil berasal dari peningkatan volume cairan dan darah di dalam tubuh.

Kondisi alamiah ini terjadi untuk menunjang tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Baca juga: 15 Penyebab Kaki Bengkak, dari Edema sampai Tanda Penyakit

Selain itu, cairan ekstra juga berfungsi sebagai persiapan sendi panggul dan jaringan tubuh untuk membuka jalan lahir.

Dilansir dari Healthline, kaki bengkak saat hamil ini biasanya mulai terasa ketika usia kandungan memasuki bulan kelima dan semakin sering di trimester akhir kehamilan.

Ciri-ciri kaki bengkak saat hamil yang normal ini biasanya tidak terlalu parah, muncul tidak tiba-tiba, dan tidak disertai gejala lainnya.

Di luar itu, ada kemungkinan penyebab kaki bengkak pada ibu hamil berasal dari masalah kesehatan tertentu yang potensial bahaya dan perlu diwaspadai.

Baca juga: 6 Ciri-ciri Kaki Bengkak saat Hamil Gejala Preeklamsia

Bahaya kaki bengkak saat hamil

Bahaya kaki bengkak saat hamil yang perlu diwaspadai yakni komplikasi kehamilan preeklamsia dan pembekuan darah. Berikut penjelasannya:

Preeklamsia adalah kondisi ketika ibu hamil memiliki tekanan darah tinggi, terdapat protein dalam urine, beberapa bagian tubuh membengkak, termasuk bagian kaki.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.