Kompas.com - 19/05/2022, 20:01 WIB

KOMPAS.com - Tahukah Anda, kebiasaan malas membersihkan alat pendingin udara atau AC bisa menyebabkan penyakit legionellosis?

Seperti diketahui, demi menjaga kebersihan dan kesehatan, alat pendingin udara atau AC sebaiknya rutin dibersihkan paling lama tiga bulan sekali.

Dalam kondisi pemakaian AC yang lebih intens dibandingkan biasanya, seperti saat cuaca cenderung panas, AC perlu dibersihkan lebih sering, setidaknya sebulan sekali.

Baca juga: Tidur dengan Kipas Angin Menyala, Bagaimana Baiknya?

Dilansir dari Kompas.com (02/02/2011), penyakit legionellosis pernah dilaporkan menyerang pegawai dinas kesehatan Kota Pontiac, Michigan, AS, pada 1978 silam.

Penyebab penyakit ini berasal dari paparan bakteri legionella yang mengontaminasi alat pendingin udara gedung setempat.

Kasus serupa juga pernah dirasakan 371 pekerja industri perakitan mobil AS, pada 1984. Selain di AS, di Skotlandia juga pernah ada laporan infeksi bakteri legionella.

Perlu diketahui, bakteri penyebab penyebab legionellosis paling senang berada di tempat penampungan air yang kondisinya hangat dan lembap. Suhu ideal untuk bakteri ini tumbuh dan berbiak antara 35—45 derajat Celsius.

Bakteri legionella dapat berkembang biak di salah satu bagian perangkat AC, yakni mesin blower. Untuk itu, pastikan Anda membersihkan AC dengan seksama, jangan hanya filternya saja.

Selain AC, perangkat yang juga rawan menjadi tempat berbiak bakteri ini apabila jarang dibersihkan adalah humidifier atau alat pelembap udara.

Bakteri ini juga bisa hidup di sumber air alami dan tempat penampungan air; termasuk waduk, sungai, danau, air mancur, atau saluran air minum.

Baca juga: 8 Gejala Radang Paru-paru yang Pantang Disepelekan

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.