Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/06/2022, 19:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tidak semua pria dengan kanker prostat stadium akhir mengalami rasa sakit, tetapi ada yang merasakan, terutama ketika sel-sel kanker sudah menyebar ke tulang.

Melansir American Cancer Society, metastasis atau penyebaran kanker dari inang awal ke tempat lain di dalam tubuh, seperti tulang belakang, pinggul, dan panggul, sering membuat penderita kanker prostat merasa nyeri berkepanjangan.

Saat kanker menyerang pinggul dan panggul seorang pria, maka akan terjadi kerusakan dan membuat tulang menjadi lemah.

Sementara itu, ketika sel kanker menekan saraf tulang belakang, maka akan menyebabkan gejala seperti mati rasa, kesemutan, dan nyeri di lengan, kaki, atau punggung Anda.

Baca juga: 6 Cara Menjaga Kesehatan Prostat yang Penting bagi Pria

Nyeri akibat kanker prostat stadium lanjut dapat menjadi kronis dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Meski demikian, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa sakit pada kondisi kanker prostat stadium lanjut.

1. Ikuti tahapan perawatan kanker prostat

Perawatan standar yang digunakan untuk mencegah atau memperlambat pertumbuhan kanker prostat dapat meringankan gejala nyeri.

Contoh perawatan standar yang dimaksud ialah terapi hormon dengan tujuan memblokir testosteron, kemoterapi, dan operasi.

Selain itu, ada perawatan khusus yang berfokus pada metastasis tulang secara lebih spesifik, termasuk penggunaan obat seperti bifosfonat yang membantu memperkuat dan mencegah patah tulang, terapi radiasi eksternal, teknik ablasi, dan obat nyeri.

2. Hindari stres

Dikutip dari Everyday Health, ahli onkologi di Klinik Cleveland, Timothy Gilligan, MD, menyebut bahwa rasa nyeri juga dipengaruhi pada kondisi mental penderita kanker prostat.

Untuk itu, penderita kanker prostat disarankan untuk mengurangi stres dengan tidur cukup, menjaga asupan, dan latihan relaksasi, misalnya yoga atau meditasi.

Baca juga: 2 Jenis Makanan untuk Mencegah Kanker Prostat

3. Tetap aktif

Cara lain yang terbukti ampuh dalam meredakan sakit dan mengelola stres adalah melalui olahraga.

National Institutes of Health (NIH) merekomendasikan agar penderita kanker prostat minimal berolahraga selama 30 menit dalam sehari untuk meningkatkan mood dan mengurangi stres.

Terlebih, American Academy of Orthopaedic Surgeons memaparkan, olahraga teratur dapat memperkuat dan mengurangi risiko patah tulang.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada Juni 2020 oleh jurnal Cancers juga menyimpulkan bahwa olahraga teratur pada pria dengan kanker prostat stadium akhir dapat meningkatkan kepadatan tulang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com