Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/07/2022, 08:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lidah buaya atau Aloe vera sering kita jumpai di lingkungan sekitar rumah. Tanaman ini ada yang dirawat maupun tumbuh liar.

Gel yang terkandung pada lidah buaya, baik yang alami maupun sudah berupa produk kemasan sering dijadikan sebagai pengobatan tradisional.

Hal ini lantaran gel lidah buaya kaya akan vitamin dan mengandung senyawa bioaktif lainnya, seperti mineral, asam amino, dan antioksidan.

Baca juga: Khasiat Lidah Buaya untuk Menurunkan Diabetes

Merangkum Medical News Today, berikut 7 manfaat lidah buaya untuk kesehatan.

1. Cegah diabetes

Konsumsi ekstrak lidah buaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah sehingga dapat mencegah penyakit diabetes. Pada penderita diabetes, aloe vera juga bisa mengurangi risiko komplikasi.

Meski demikian, penggunaannya harus berhati-hati karena jika dikonsumsi bersamaan dengan obat diabetes, glukosa darah dapat turun dalam jumlah yang tinggi sehingga malah bisa membahayakan kesehatan.

2. Punya sifat antioksidan dan antibakteri

Gel yang terkandung pada lidah buaya mengandung antioksidan kuat berupa zat yang disebut sebagai polifenol.

Polifenol dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi pada manusia. Itu sebabnya, gel lidah buaya sering dijadikan obat oles pada luka atau masalah kulit lainnya.

3. Asam lambung

Getah gel lidah buaya bermanfaat untuk menjaga keseimbangan asam perut bila dikonsumsi dengan jumlah tepat.

Sebaiknya Anda mengonsumsi lidah buaya dalam jumlah yang disarankan atau tidak berlebihan. Anda sebaiknya juga berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat herbal lidah buaya.

Baca juga: Cara Mengatasi Eksim dengan Lidah Buaya 

4. Mengurangi plak gigi

Kerusakan gigi dan penyakit gusi adalah masalah kesehatan yang sangat umum. Salah satu cara terbaik untuk mencegah kondisi ini adalah dengan mengurangi penumpukan plak, atau biofilm bakteri pada gigi.

Hal ini bisa dilakukan dengan gel atau jus lidah buaya yang efektif membunuh bakteri penghasil plak Streptococcus mutans di mulut, serta ragi Candida albicans.

Berdasarkan riset yang dipublikasikan Ethiopian Journal of Health Science pada April 2014, jus lidah buaya murni memiliki manfaat yang sama dengan klorheksidin atau obat antiseptik untuk melawan infeksi bakteri pada mulut (biasanya berbentuk obat kumur, salep, atau larutan).

5. Mengobati sariawan

Sariawan bisa terjadi di beberapa titik, seperti bawah bibir dan dalam mulut. Kondisi ini membuat seseorang merasa tak nyaman saat makan ataupun minum.

Dilansir dari Medical News Today, penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya dapat mempercepat penyembuhan sariawan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com