Kompas.com - 26/07/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Siapa yang tidak kenal dengan makanan berfermentasi dari Korea Selatan ini?

Kimchi adalah makanan tradisional Korea Selatan yang merupakan fermentasi dari berbagai macam sayur yang berbeda, seperti sawi putih, timun, hingga lobak.

Cara pengolahannya juga tidak bisa dibilang sederhana karena ada bumbu-bumbu khusus yang perlu digunakan dan kimchi perlu didiamkan dalam waktu yang tidak sebentar agar rasanya semakin kaya.

Meskipun kimchi memiliki rasa yang unik dan enak, ternyata tidak banyak yang tahu bahwa kimchi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti berikut ini.

Baca juga: 4 Makanan Fermentasi yang Baik untuk Pencernaan

1. Mengurangi risiko sakit jantung

Kimchi ternyata memiliki manfaat untuk mengurangi risikoterkena penyakit jantung.

Dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Korea Selatan, ditemukan bahwa kimchi memiliki kandungan asam propionat yang juga merupakan komponen aktifnya.

Hasil laboratorium klinis dari penelitian ini menunjukkan bahwa kimchi juga memiliki kandungan lain yaitu anti-aterosklerosis yang berasal aktivitas penurunan lipid, anti-inflamasi, dan antioksidan.

Dengan adanya kandungan ini, risiko penyakit jantung bisa dikurangi. 

Penelitian lain juga dilakukan dengan jangka waktu 8 minggu dan melibatkan beberapa tikus yang dibagi menjadi 2 kelompok.

Kedua kelompok diberikan makan makanan dengan kolesterol tinggi, namun kelompok pertama adalah tikus yang diberikan ekstrak metanol kimchi dan kelompok kedua diberikan air suling. 

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.