Kompas.com - 19/08/2022, 10:31 WIB

KOMPAS.com - Nyeri punggung adalah salah satu kondisi yang berkaitan dengan tulang belakang. Hal ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan membuat kita sulit bergerak.

Otot punggung dan tulang belakang bekerja untuk menopang tubuh kita ketika sedang melakukan kegiatan sehari-hari seperti berjalan, duduk, berdiri, dan lain-lain.

Sehingga bila otot punggung bekerja terlalu keras maka ada kemungkinan bisa terkilir atau tegang.

Baca juga: Penyebab Nyeri Punggung, Salah Satunya Kebiasaan Duduk Membungkuk

Hal ini bisa biasanya terjadi karena seseorang mengangkat benda berat atau olahraga yang berlebihan tanpa pemanasan.

Seseorang yang mengalami nyeri punggung akan merasakan tusukan yang sangat tajam di area punggung bahkan bisa menjalar sampai ujung kaki.

Ketika sudah mengalami nyeri punggung, biasanya seseorang akan mengkonsumsi obat pereda nyeri yang sudah ada di pasaran seperti ibuprofen atau aseraminofen.

Namun obat-obatan tersebut tentu punya efek samping yang bisa mempengaruhi kesehatan bagian tubuh yang lain.

Melansir Medical News Today, apabila mengalami nyeri punggung ada baiknya mencoba beberapa cara alami ini untuk meredakannya.

1. Latihan otot dengan olahraga

Ketika nyeri punggung menyerang, seseorang bisa kesulitan untuk bangun atau berdiri. Rasa tajam yang menghunus tubuh bagian belakang memaksa seseorang untuk diam saja.

Oleh karena itu, diam di tempat menjadi solusi bagi penderitanya. Namun hal itu salah karena otot punggung yang tegang tidak bisa rileks.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Nyeri Dada
Nyeri Dada
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.