Kompas.com - 30/08/2022, 20:06 WIB

KOMPAS.com - Retinoblastoma atau kanker bola mata merupakan jenis kanker yang paling sering ditemui pada anak-anak berusia di bawah empat tahun. Retinoblastoma jarang menyerang orang usia dewasa.

Dijelaskan oleh konsultan pediatrik oftamologi, Dr.Julie D Barliana Sp.M(K), retinoblastoma disebabkan karena mutasi genetik sejak dalam kandungan. Penyakit ini membuat penderitanya mengalami gangguan penglihatan.

“Di RSCM ditemukan 30-40 kasus baru per tahun dan biasanya kasusnya sudah berat, tumornya sudah keluar dari bola mata. Ini menunjukkan deteksi dini belum dijalankan dengan baik,” kata dr Julie dalam acara webinar yang digelar Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI), 27/8/2022.

Dokter Julie menyebutkan beberapa gejala utama retinoblastoma yang perlu diwaspadai, di antaranya ada bintik putih yang akan bersinar jika terkena sinar.

Baca juga: Kenali Apa itu Retinoblastoma, Kanker Mata yang Kerap Menyerang Anak

“Bintik putih ini bisa di satu atau dua mata sekaligus. Sebanyak 62 persen kasus memiliki gejala ini,” ujar dokter dari RSPUN Dr.Cipto Mangunkusumo ini.

Gejala lain berupa mata merah meski tidak terasa sakit, menonjol, atau juling. Gejala ini harus diwaspadai jika ditemukan pada anak berusia 1-3 tahun, apalagi ada riwayat retinoblastoma dalam keluarga, atau ada infeksi saat kehamilan.

Untuk memastikan apakah kelainan itu merupakan gejala kanker atau bukan, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan.

Pencegahan

Pola hidup sehat dan menjaga pola makan selama kehamilan merupakan salah satu cara untuk mengurangi risiko penyakit bawaan pada anak.

Selain itu, dokter Julie menyarankan untuk segera mengecek mata bayi setelah lahir jika ada riwayat retinoblastoma dalam keluarga.

“Pasien dengan riwayat retinoblastoma di keluarga disarankan menjalankan konseling genetik sebelum hamil,” katanya.

Baca juga: 6 Kondisi yang Harus Diwaspadai Selama Kehamilan

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.