Kompas.com - 31/08/2022, 13:33 WIB

KOMPAS.com - Kentut seringkali dianggap sebagai salah satu hal yang memalukan sehingga banyak yang menahannya.

Padahal, kentut adalah hal yang normal dan wajar karena merupakan tanda bahwa sistem pencernaan bekerja.

Healthline juga menjelaskan bahwa kentut adalah proses yang sehat dan baik untuk kesehatan karena jika tidak dikeluarkan akan muncul berbagai masalah kesehatan.

Baca juga: Kenali Manfaat Kentut Bagi Kesehatan


Melansir Healthline, ada banyak hal yang menyebabkan seseorang sulit mengeluarkan gas di dalam perut dalam bentuk kentut, seperti sindrom iritasi usus besar (IBS), intoleransi terhadap makanan tertentu, konstipasi, infeksi bakteri, hingga stres.

Tenang saja, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisa kentut secara alami.

1. Melakukan gerakan Yoga

Melansir Medical News Today, Yoga merupakan jenis olahraga yang bisa meningkatkan kekuatan, ketahanan, rasa tenang, fleksibilitas, dan kualitas hidup.

Namun siapa sangka bahwa ternyata ada beberapa pose Yoga yang bisa membantu untuk bisa kentut secara alami.

Beberapa pose Yoga tersebut memang berfokus pada area perut sehingga bisa mengurangi jumlah gas yang terperangkap di area perut.

Healthline menyebutkan beberapa pose Yoga yang bisa dilakukan, seperti Wind-relieving pose atau Pawanmuktasana, Child’s pose atau Balasana, Seated Forward Bend atau Paschimottanasana, Two-knee Spinal Twist pose atau Supta Matsyendrasana, Happy Baby pose atau Ananda Balasana.

Pose Yoga tersebut tidak boleh sembarang untuk dilakukan karena Anda perlu berkonsentrasi pada pernafasan dan gerakan yang benar agar bisa mengeluarkan gas dengan mudah.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.