Kompas.com - 31/08/2022, 07:31 WIB

KOMPAS.com - Beberapa orang menyebutkan, leher hitam adalah salah satu ciri-ciri hamil anak laki-laki.

Namun, penyebab leher hitam saat hamil sebenarnya tidak terkait dengan jenis kelamin janin di dalam kandungan.

Simak alasan kenapa leher hitam saat hamil dan cara mengatasinya berikut ini.

Baca juga: 6 Penyebab Leher Hitam, dari Gula Darah Tinggi sampai Infeksi Jamur

Penyebab leher hitam saat hamil

Dilansir dari WhattoExpect, penyebab leher hitam saat hamil berasal dari perubahan hormon saat hamil.

Kondisi yang dikenal dengan istilah medis melasma ini terjadi ketika melanin yang dihasilkan tubuh ibu hamil meningkat.

Melanin adalah zat alami yang memberikan warna pada rambut, kulit, serta mata. Biasanya, perubahan warna lebih gelap di kulit ibu hamil ini muncul di area yang sering terpapar sinar matahari, leher, serta area lipatan paha.

Kondisi ini biasanya juga muncul secara bertahap. Jadi ibu hamil lambat laun mendapati lehernya terlihat lebih gelap dibandingkan sebelum hamil.

Baca juga: Penyebab Perut Perih saat Hamil Muda dan Cara Mengatasinya

Cara mengatasi leher hitam saat hamil

Meskipun leher hitam bisa mengganggu penampilan, tapi kondisi ini biasanya tidak berbahaya bagi ibu hamil.

Dilansir dari BabyCentre, sekitar 90 persen ibu hamil mengalami beberapa bagian kulitnya terlihat lebih gelap dibandingkan sebelum hamil.

Berikut beberapa cara mengatasi leher hitam saat hamil yang bisa dijajal:

  • Jangan terlalu banyak mengonsumsi asupan tinggi gula seperti minuman manis, kue atau roti, aneka hidangan penutup
  • Biasakan untuk menggunakan tabir surya di pagi hari, terutama di bagian tubuh yang terpapar sinar matahari. Jika ke luar rumah di pagi atau siang hari, gunakan penutup kepala atau pakaian yang menutupi leher
  • Pastikan Anda mencukupi kebutuhan folat setiap hari. Menurut Kementerian Kesehatan, ibu hamil membutuhkan folat sebanyak 600 microgram setiap hari. Sumber folat alami bisa berasal dari asparagus, alpukat, sayuran hijau, jeruk, dan kacang. Bila perlu, minta dokter untuk meresepkan suplemen asam folat
  • Biasakan mandi dengan air dingin. Saat membersihkan bagian leher, pastikan Anda sudah membilas sisa sabun dan bekas kotoran sampai tuntas. Bila perlu, tempelkan waslap dingin di sekitar leher hitam untuk mengangkat noda hitam yang membandel di leher

Sebenarnya, ibu hamil tidak perlu repot-repot mencari cara menghilangkan leher hitam saat hamil. Pasalnya, kondisi ini bisa sembuh sendiri atau kembali normal setelah si kecil lahir.

Jika Anda sudah menjajal cara memutihkan leher hitam di atas tapi tak kunjung berhasil, atau masalah kulit ini tak kunjung hilang setelah bayi lahir, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter.

Di beberapa kasus, penyebab leher hitam saat hamil bisa terkait diabetes atau kadar gula darah tinggi. Penyakit ini memerlukan pengobatan agar gula darah terkontrol dan mengantisipasi komplikasi.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Kaki Pegal saat Hamil dan Penyebabnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.