Kompas.com - 04/09/2022, 12:00 WIB


KOMPAS.com - Anda yang sedang melakukan program diet pasti pernah mendengar tentang metode hitung kalori.

Kalori di dalam makanan sendiri didefinisikan oleh Food Revolution Network sebagai satuan unit energi yang terkandung di dalam makanan.

Healthline menambahkan bahwa kalori dibutuhkan oleh tubuh sebagai energi yang akan digunakan untuk kegiatan sehari-hari, termasuk bernafas, berpikir, hingga menjaga denyut jantung.

Metode hitung kalori merupakan salah satu metode yang dipercaya bisa menurunkan berat badan secara signifikan.

Baca juga: 5 Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Per Hari

Kompas TV Benarkah kalori bisa terbakar saat tidur? Apa faktor yang mempengaruhi dan berapa banyak kalori yang dibakar?

 

Melansir Healthline, metode hitung kalori ini akan membantu dalam membatasi asupan makanan yang masuk sehingga bisa mencegah kenaikan atau penurunan berat badan.

Sayangnya, metode hitung kalori tidak mudah untuk dilakukan karena masing-masing makanan memiliki nilai kalori yang berbeda dan masing-masing individu memiliki kebutuhan kalori yang berbeda.

 

Metode hitung kalori

Meskipun sudah dipercaya bisa membantu dalam menurunkan berat badan, beberapa orang masih meragukan keampuhan metode hitung kalori ini.

Melansir Healthline, sudah ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa orang-orang yang mengonsumsi kalori lebih banyak daripada yang dibakar per harinya mengalami kenaikan berat badan.

Salah satu penelitian dari Inggris pada Jurnal Obesity Reviews di tahun 2014 sudah membuktikan manfaat dari menghitung kalori untuk menurunkan berat badan.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode hitung kalori yang digunakan berhasil mengurangi berat badan hingga sebanyak 7 kg pada partisipan penelitian ini.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.