Kompas.com - 14/09/2022, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Kurangnya kuantitas dan kualitas sperma sering membuat pria kurang percaya diri karena menganggap dirinya kurang subur. Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir, kondisi ini dapat diatasi dengan beberapa cara alami.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jumlah sperma yang sehat adalah 15 juta per mililiter (ml) atau setidaknya 39 juta setiap seorang pria mengalami ejakulasi.

Beberapa ahli reproduksi pria (andrologi) menganggap jumlah sperma di bawah 15 juta per mililiter rendah dan dapat menyebabkan masalah kesuburan.

Baca juga: Cara Mengatasi Sperma Encer dan Kapan Perlu Periksa

Dilansir dari Medical News Today, kualitas sperma yang rendah bisa disebabkan karena beberapa faktor, seperti keturunan, infeksi, tumor, dan gaya hidup tertentu.

Menurut beberapa ahli, perubahan gaya hidup dan pengobatan alami dapat mendukung hormon yang mengontrol produksi sperma.

Berikut 12 cara alami untuk meningkatkan jumlah dan kualitas sperma yang dapat Anda coba.

1. Rutin berolahraga

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menurunkan berat badan dengan olahraga dapat meningkatkan jumlah sperma.

Dalam jurnal Nutr Hosp yang ditayangkan di National Library of Medicine pada Juni 2017, latihan aerobik selama 3 sesi per minggu dapat menunjang kesehatan jantung.

Jantung sehat yang berdetak dengan baik, dapat menunjang kuantitas dan motilitas (kemampuan gerak secara independen) sperma pada 45 pria dengan obesitas dan jarang berolahraga.

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait hubungan antara indeks massa tubuh (BMI) dengan jumlah sperma yang sehat.

Baca juga: 22 Penyebab Sperma Sedikit, Pria Perlu Tahu

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.