Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Cara Alami Meningkatkan Jumlah dan Kualitas Sperma

Kompas.com - 14/09/2022, 21:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Kurangnya kuantitas dan kualitas sperma sering membuat pria kurang percaya diri karena menganggap dirinya kurang subur. Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir, kondisi ini dapat diatasi dengan beberapa cara alami.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jumlah sperma yang sehat adalah 15 juta per mililiter (ml) atau setidaknya 39 juta setiap seorang pria mengalami ejakulasi.

Beberapa ahli reproduksi pria (andrologi) menganggap jumlah sperma di bawah 15 juta per mililiter rendah dan dapat menyebabkan masalah kesuburan.

Baca juga: Cara Mengatasi Sperma Encer dan Kapan Perlu Periksa

Dilansir dari Medical News Today, kualitas sperma yang rendah bisa disebabkan karena beberapa faktor, seperti keturunan, infeksi, tumor, dan gaya hidup tertentu.

Menurut beberapa ahli, perubahan gaya hidup dan pengobatan alami dapat mendukung hormon yang mengontrol produksi sperma.

Berikut 12 cara alami untuk meningkatkan jumlah dan kualitas sperma yang dapat Anda coba.

1. Rutin berolahraga

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menurunkan berat badan dengan olahraga dapat meningkatkan jumlah sperma.

Dalam jurnal Nutr Hosp yang ditayangkan di National Library of Medicine pada Juni 2017, latihan aerobik selama 3 sesi per minggu dapat menunjang kesehatan jantung.

Jantung sehat yang berdetak dengan baik, dapat menunjang kuantitas dan motilitas (kemampuan gerak secara independen) sperma pada 45 pria dengan obesitas dan jarang berolahraga.

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait hubungan antara indeks massa tubuh (BMI) dengan jumlah sperma yang sehat.

Baca juga: 22 Penyebab Sperma Sedikit, Pria Perlu Tahu

2. Berhenti merokok

Penelitian yang dipublikasikan di ScienceDirect pada Oktober 2016, menunjukkan bahwa kebiasaan merokok mengakibatkan jumlah sperma berkurang.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang merokok tembakau dalam jumlah sedang atau berat memiliki kualitas sperma yang lebih rendah ketimbang orang yang jarang atau sama sekali tidak melakukan kebiasaan tersebut.

3. Hindari alkohol dan narkoba

Sebuah penelitian pada 2018 menunjukkan bahwa penggunaan alkohol, ganja, dan kokain dapat mengakibatkan penurunan produksi sperma.

4. Hindari obat resep tertentu

Beberapa obat resep berpotensi menurunkan produksi sperma yang sehat. Namun, begitu pria berhenti minum obat, jumlah sperma mereka akan kembali normal atau meningkat.

Dikutip dari Medical News Today, berikut beberapa obat-obatan yang dapat menghambat produksi dan perkembangan sperma.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com