Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2023, 08:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengobatan presisi diyakini sebagai layanan kesehatan di masa depan karena mampu memberikan terapi yang spesifik dan efektif pada setiap individu.

Laboratorium klinik Prodia pun kini semakin fokus mengembangkan fasilitas terkait pengobatan presisi atau pengobatan tepat sasaran (precision medicine) berdasarkan genom.

Tema “Personal and Precise for Your Health” pun diusung Prodia untuk memperingati 50 tahun kehadirannya dalam industri kesehatan di Indonesia.

“Pengobatan tidak sama untuk setiap orang. Saat ini kami sedang menuju precision medicine. Terutama untuk penyakit kanker dan juga penyakit langka,” kata Direktur Utama Prodia, Dewi Muliaty. dalam konferensi pers di Jakarta. (24/1/2023).

Baca juga: 3 Tahun Covid-19, WHO Minta Pengujian dan Pengurutan Genom Dilanjutkan

Pengetahuan akan genom (informasi genetik seseorang) dapat membantu tenaga kesehatan untuk mengetahui risiko penyakit, daya tahan, hingga respon spesifik terhadap pengobatan tertentu.

Dengan diagnostik genom, pengobatan yang dilakukan pun lebih efektif dan efisien.

“Genomik memegang peranan penting. Kombinasi antara data genetik dan juga data lifestyle akan menghasilkan pengobatan presisi,” imbuh Dewi.

Untuk memperingati 50 tahun kiprahnya, Prodia akan melangsungkan berbagai rangkaian acara, mulai dari kegiatan CSR berupa pemeriksaan genetik bagi orang dengan penyakit langka, seminar kesehatan nasional bagi dokter dan masyarakat umum di 50 kota besar, health and wellness festival, hingga peluncuran inovasi layanan kesehatan digital Prodia.

“Pemeriksaan untuk penyakit langka ditujukan untuk anak-anak, karena tidak semua laboratorium bisa mendiagnosis penyakit langka,” kata Direktur Business & Marketing Prodia, Indriyanti Rafi Sukmawati.

Baca juga: Prodia Bakal Dorong Transformasi Digital Tahun Ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+