Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/03/2023, 17:48 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Penelitian-penelitian seputar kesehatan kulit dan kecantikan terus berkembang untuk menciptakan produk yang bisa menjawab kebutuhan konsumen.

Dalam penelitian terbaru terdapat beberapa bahan aktif yang diprediksi bakal menjadi tren dan digunakan secara luas dalam produk perawatan kulit (skincare).

“Jika sebelumnya kita sudah hapal dengan nama-nama seperti hyaluronic acid, niacinamide, atau retinol, ada beberapa kandungan aktif baru yang akan berkembang,” kata peneliti bidang kosmetik dari Skinproof, Ike Indrawati S.Farm dalam temu media di Jakarta (16/3).

Bahan aktif terbaru ini diekstrak dari tanaman atau pun bunga dan telah diuji klinis untuk mengetahui khasiatnya bagi kulit. Ada pun zat aktif terbaru yang diprediksi akan tren antara lain:

Baca juga: BPOM Ingatkan 3 Bahaya Skincare Share in Jar

1. Bel-Even
Diklaim mampu meredakan efek stres pada kulit, bahan aktif ini bekerja dengan menyeimbangkan level hormon kortisol pada tubuh.

“Seperti diketahui efek stres pada kulit kita akan menyebabkan kulit kurang elastis, merusak skin barrier, hingga tanda-tanda penuaan lebih cepat muncul,” kata Ike.

Dalam penelitian, Bel-Even diketahui mampu meningkatkan elastisitas kulit dan mulai dipakai dalam beberapa produk untuk melawan tanda penuaan.

2. AD-Resyl
Diekstrak dari akar Ophiogon Japonicus, zat aktif AD-Resyl diketahui mampu memperbaiki lapisan pelindung kulit dan mengurangi inflamasi.

Menurut Ike, AD-Resyl dipakai oleh produk perawatan kulit alergi seperti dermatitis atopik.

“Hasilnya bahan aktif ini mampu memperlama kekambuhan gatal atau tanda-tanda dermatitis atopik lain,” ujarnya.

Baca juga: Dermatitis Atopik: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati

3. Adeplump
Berasal dari ekstrak bunga Amica montana, Adeplump diketahui memiliki efek kencang dan padat (plumpness) pada kulit.

“Zat aktif ini bekerja ibarat pada balon yang tadinya kempes menjadi membesar karena mampu memperbesar sel adiposa,” papar Ike.

Hasil penelitian menunjukkan Adeplump mampu menyamarkan kerutan, garis senyuman, meningkatkan kecerahan dan meratakan warna kulit.

“Adeplump sudah diteliti pada produk wajah, bibir, mata, dan juga kulit payudara,” katanya.

4. Algaktiv Genofix Nite
Merupakan bahan aktif yang diklaim mampu memberikan perbaikan holistik pada kulit, setara dengan efek tidur pada malam hari.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com