Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/04/2023, 22:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Sperma memiliki aroma yang berbeda-beda tergantung dari jenis makanan yang dikonsumsi serta kebiasaan yang dimiliki, termasuk kebiasaan merokok.

Namun, sperma yang memiliki bau busuk bisa menjadi gejala infeksi, termasuk infeksi menular seksual.

Untuk lebih jelasnya, ketahui penyebab sperma bau busuk dan kapan perlu ke dokter berikut ini.

Baca juga: 5 Penyebab Sperma Keluar Sendiri, Pria Harus Tahu

Penyebab sperma bau busuk

Dilansir dari Healthline, sperma yang bau busuk bukan merupakan kondisi yang normal karena umumnya disebabkan oleh penyakit menular seksual.

Namun, bau sperma yang busuk juga bisa disebabkan oleh konsumsi makanan tertentu, seperti asparagus, daging, dan bawang putih, serta konsumsi kafein dan minuman beralkohol.

Jika mengurangi konsumsi makanan dan minuman tersebut tetap membuat sperma berbau busuk, bisa jadi penyebabnya adalah penyakit menular seksual.

Disarikan dari Cleveland Clinic dan Healthline, berikut ini adalah beberapa penyebab sperma bau busuk yang perlu diwaspadai.

  • Trikomoniasis

Trikomoniasis adalah salah satu jenis penyakit menular seksual yang sangat umum dialami dan bisa disembuhkan dengan konsumsi antibiotik.

Kondisi ini disebabkan oleh parasit yang disebut Trichomonas vaginalis dan bisa disebarkan melalui hubungan seksual, termasuk seks oral, seks anal, atau sekedar melakukan kontak kulit tanpa mengalami ejakulasi.

Gejala trikomoniasis yang dialami oleh para pria umumnya adalah keluarnya nanah dari penis yang juga memiliki bau busuk.

Kondisi ini juga kerap dibarengi dengan rasa perih setelah ejakulasi atau ketika buang air kecil, dan iritasi atau rasa gatal di dalam penis.

Baca juga: 20 Penyebab Kualitas Sperma Buruk, Termasuk Karena Kebiasaan

  • Gonore

Gonore adalah penyakit menular seksual yang dapat ditularkan melalui cairan dari organ intim, termasuk sperma dan cairan vagina.

Wanita yang mengidap gonore sering tidak memiliki gejala khusus.

Namun, beberapa gejala yang umum dialami pria, yakni keluarnya nanah yang berwarna putih, kuning, atau hijau dari penis, terasa nyeri atau sakit ketika buang air kecil, dan buah zakar yang terasa sakit atau bengkak.

Para pria yang mengalami gonore juga akan memiliki sperma yang berbau busuk.

Halaman:
Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com