Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/06/2023, 15:59 WIB
Aningtias Jatmika,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kantor Staf Presiden (KSP) bersama sejumlah ahli mengusulkan untuk merevisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 69 Tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan.

Poin revisi yang diusulkan adalah memasukkan pelabelan informasi kandungan Bisphenol-A (BPA) pada kemasan plastik berbahan polikarbonat (PC).

Usul tersebut disampaikan dalam pertemuan antara KSP dan Center for Sustainability and Waste Management Universitas Indonesia (CSWM UI) di Jakarta, Senin (13/3/2023).

Sebagai informasi, sejumlah ahli yang hadir pada pertemuan itu terdiri dari perwakilan Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI), Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI), Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM UI), serta Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI).

Staf Khusus (Stafsus) Kedeputian 2 KSP Brian Sriprahastuti mengatakan bahwa pihaknya tengah menyusun draf revisi PP tersebut sejak 2018. Namun, penyusunan revisi belum rampung karena harus melibatkan berbagai sektor terkait.

“PP itu tidak hanya menyangkut masalah kesehatan, tetapi juga sektor perdagangan yang berada di bawah pengawasan Kementerian Perdagangan (Kemendag),” ujar Brian dikutip Kompas.com dari keterangan tertulis, Kamis (8/6/2023).

Baca juga: Angka Kematian Akibat Kanker Payudara Tinggi, BPA Disebut Jadi Pemicu

Menurut dia, pelabelan informasi pangan pada kemasan produk masih sebatas pencantuman kandungan gizi. PP belum mengatur pencantuman kandungan substansi, termasuk BPA.

BPA sendiri kerap ditemukan pada kemasan air minum dalam kemasan (AMDK), misalnya galon guna ulang dan botol plastik.

Pada kondisi tertentu, BPA dapat bermigrasi dari kemasan ke air minum di dalamnya. Hal ini berpotensi membahayakan kesehatan, terutama bagi ibu hamil dan anak.

Pada pertemuan itu, Kepala CSWM UI Mochamad Chalid menekankan bahwa pelabelan informasi BPA dalam kemasan merupakan hal yang mendesak.

“Masyarakat tak lepas dari penggunaan galon (guna ulang) dan botol plastik. Oleh sebab itu, perlu ada aturan tentang standar umur pakai dan penggunaan kemasan. Penggunaan bahan PC (dalam kemasan makanan dan minuman) juga perlu ditinjau ulang,” jelas Chalid.

Produsen perlu inovasi

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh CSWM UI, penggunaan kemasan air minum, terutama galon guna ulang berbahan PC yang mengandung BPA, tidak hanya dilakukan oleh produsen AMDK bermerek, tetapi juga pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) penyedia air isi ulang tidak bermerek.

“Kami menemukan penggunaan kemasan galon berbahan PC pada AMDK tidak bermerek berbasis UMKM di beberapa daerah di Sumatera Barat, seperti Padang, Batusangkar, Padang Pariaman, dan Payakumbuh,” ujar Chalid.

Oleh karena itu, Chalid menggarisbawahi urgensi pelabelan kandungan BPA sebagai bagian perlindungan konsumen AMDK hingga ke daerah-daerah. Sebab, konsumsi AMDK sudah menjadi kebutuhan masyarakat secara umum, terlebih ketersediaan air bersih yang berasal dari sumber alami semakin terbatas. Ia juga menekankan urgensi kajian dalam aspek teknis dan ekonomi pada kemasan plastik.

Baca juga: Tren Gaya Hidup Sehat Meningkat, Galon AMDK BPA Free Semakin Dilirik

Menurutnya, salah satu cara untuk mencegah migrasi substansi berbahaya ke dalam tubuh manusia melalui kemasan adalah dengan mengatur desain, standar umur pakai, serta standar penggunaan bahan kemasan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com