Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Kaki Terasa Berat untuk Berjalan? Berikut 10 Penyebabnya...

Kompas.com - 11/12/2023, 13:32 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Kaki yang terasa berat saat berjalan dapat mengganggu aktivitas yang dilakukan. Namun, mengapa kaki terasa berat untuk berjalan?

Kondisi ini umumnya dialami setelah Anda berolahraga. Namun, beberapa orang dapat memiliki kaki yang terasa berat tanpa penyebab pasti.

Bahkan, kaki yang terasa berat saat berjalan bisa jadi merupakan gejala dari masalah kesehatan yang serius, khususnya yang melibatkan saraf.

Anda bisa mengurangi rasa berat yang muncul dengan melakukan perubahan kebiasaan dan pola hidup sehat, seperti mengurangi asupan garam, berhenti merokok, dan menurunkan berat badan.

Untuk lebih jelasnya, ketahui penyebab kaki terasa berat untuk berjalan dan cara mengatasinya berikut ini.

Baca juga: 6 Penyebab dan Cara Mengobati Kuku Kaki Masuk ke Daging

Mengapa kaki terasa berat untuk berjalan?

Kaki yang terasa berat untuk berjalan bisa dipicu oleh beberapa masalah kesehatan yang dimiliki.

Disarikan dari Healthline dan Medical News Today, berikut adalah beberapa penyebab kaki terasa berat untuk berjalan yang perlu diketahui.

  • Mengalami varises

Varises adalah masalah kesehatan yang membuat pembuluh vena pada kaki terlihat lebih besar dan jelas jika dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya.

Meskipun umumnya tidak menimbulkan gejala khusus, beberapa orang yang mengalami varises dapat merasa nyeri sehingga kaki akan terasa sakit dan berat untuk digunakan berjalan.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Varises, Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

  • Berolahraga secara berlebihan

Kaki yang terasa berat setelah berolahraga merupakan kondisi yang normal.

Namun, Anda yang berolahraga secara berlebihan dapat memiliki risiko yang lebih besar untuk memberikan beban tambahan pada otot sehingga kaki akan terasa lebih berat setelahnya.

  • Mengalami sindrom kaki gelisah

Sindrom kaki gelisah atau restless leg syndrome adalah masalah kesehatan yang membuat Anda tidak bisa mengontrol gerakan kaki.

Kaki yang terasa berat karena masalah kesehatan ini umumnya dapat diatasi dengan menggerakan kaki hingga rasa berat yang muncul berkurang.

  • Mengalami insufisiensi vena kronis

Kaki yang terasa berat saat berjalan bisa jadi merupakan gejala dari chronic venous insufficiency atau insufisiensi vena kronis.

Masalah kesehatan ini tidak hanya membuat kaki terasa berat, namun juga akan membuat kaki terasa lemas, bengkak, dan muncul gejala seperti varises.

Baca juga: 7 Manfaat Merendam Kaki dengan Air Es dan Garam

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com