Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Manfaat Jalan Kaki setelah Makan Malam, Tak Sekadar Sehat

Kompas.com - 07/11/2023, 21:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Berjalan kaki setelah makan, termasuk makan malam, ternyata dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Tidak hanya membuat pencernaan lebih lancar, melakukan olahraga jalan kaki setelah makan malam ternyata juga akan membatu untuk menyeimbangkan kadar gula darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Namun, berjalan kaki setelah makan malam juga dapat menyebabkan sakit perut jika dilakukan segera tanpa memberikan jeda waktu.

Untuk lebih jelasnya, ketahui manfaat jalan kaki setelah makan malam berikut ini.

Baca juga: Bolehkah Olahraga Jalan Kaki Malam Hari? Berikut Penjelasannya…

Manfaat jalan kaki setelah makan malam

Disarikan dari Healtline dan Medical News Today, berikut adalah beberapa manfaat jalan kaki setelah makan malam yang akan didapatkan.

  • Mengurangi penumpukan gas dan perut kembung

Olahraga jalan kaki yang dilakukan setelah makan malam dapat membantu kerja saluran pencernaan sehingga makanan dapat bergerak ke usus kecil dengan lebih cepat.

Selain itu, melakukan olahraga dengan intensitas sedang, seperti olahraga jalan kaki, sudah terbukti dapat mengurangi gejala sindrom iritasi usus besar, yakni penumpukan gas dan perut kembung.

  • Menyeimbangkan kadar gula darah

Kadar gula darah dapat meningkat setelah makan malam, khususnya jika Anda mengonsumsi jenis makanan yang tinggi karbohidrat.

Dengan berjalan kaki setelah makan malam, Anda dapat membantu tubuh untuk menurunkan kadar gula darah, bahkan ketika jalan kaki dilakukan hanya dalam lima hingga 10 menit.

Baca juga: Apa yang Terjadi pada Tubuh Jika Rajin Jalan Kaki Tiap Hari?

  • Mendukung kesehatan mental

Berjalan kaki dapat menurunkan kadar hormon stres, yakni hormon adrenalin dan kortisol, sehingga kesehatan mental akan terjaga.

Meskipun belum banyak penelitian yang dapat membuktikan manfaat ini jika dilakukan setelah makan malam, olahraga jalan kaki yang dilakukan tetap dapat meningkatkan suasana hati dan menurunkan rasa stres.

  • Membuat tidur lebih nyenyak

Berolahraga secara teratur, seperti berjalan kaki, dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi gejala gangguan tidur, seperti insomnia.

Bahkan, melakukan olahraga jalan kaki setelah makan malam sudah terbukti dapat meningkatkan gelombang otak sehingga lebih nyenyak dan lebih mudah tidur.

  • Menurunkan tekanan darah

Berjalan kaki tiga kali sehari selama 10 menit setelah sarapan, makan siang, dan makan malam, sudah terbukti dapat menurunkan tekanan darah jika dibandingkan dengan jalan kaki yang dilakukan dalam durasi yang lebih lama.

Penurunan tekanan daah dapat meringankan kerja jantung sehingga dapat terhindar dari masalah kesehatan yang lebih serius, seperti serangan jantung dan stroke.

Baca juga: Jalan Kaki Setiap Hari Apakah Baik? Berikut Penjelasannya…

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com