Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/03/2024, 17:00 WIB
Rini Agustin,
Khairina

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Puasa dapat menyebabkan haus dan tenggorokan kering.

Air putih adalah cairan yang tepat untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Namun, kadar cairan tubuh juga bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air selama berbuka dan sahur.

Mengonsumsi buah tinggi kandungan air dapat mencegah tubuh dari kekurangan cairan atau dehidrasi saat menjalankan ibadah puasa.

Bagaimanapun, memastikan tubuh tetap terhidrasi baik untuk tubuh secara keseluruhan adalah hal yang penting guna melaksanakan ibadah puasa secara sehat dan maksimal.

Baca juga: Buah Pepaya Bagus untuk Penyakit Apa? Berikut 8 Daftarnya…

Ragam buah-buahan tinggi kandungan air

Asupan cairan untuk tubuh tidak hanya berasal dari air putih, tapi juga makanan. Bahkan, sekitar 20 persen asupan cairan bisa diperoleh dari buah-buahan.

Melansir dari Healthline, berikut ini jenis buah yang banyak mengandung air untuk memenuhi kebutuhan cairan selama berpuasa.

1. Semangka

Ilustrasi buah semangka.UNSPLASH/ART RACHEN Ilustrasi buah semangka.

Semangka memiliki kadar air yang tinggi, yaitu sekitar 92 persen. Dalam satu gelas (154 gram) semangka mengandung lebih dari setengah gelas (118 ml) air.

Selain itu ditemukan juga beberapa serat dan beberapa nutrisi penting, termasuk vitamin C, vitamin A, dan magnesium.

Semangka juga cukup rendah kalori, karena hanya menyediakan 46 kalori per gelasnya sehingga aman bagi penderita diabetes.

Selain itu, semangka kaya akan antioksidan kuat, termasuk likopen. Senyawa ini dipercaya dapat mengurangi kerusakan oksidatif pada sel, yang telah dikaitkan dengan penyakit seperti penyakit jantung dan diabetes.

Anda dapat menambahkan semangka ke dalam makanan dengan mengonsumsinya sebagai camilan menyegarkan atau campuran es buah saat berbuka. Bahkan juga bisa menggunakan semangka untuk membuat salad saat sahur.

Baca juga: Buah Semangka Baik untuk Penyakit Apa? Berikut 10 Daftarnya…

2. Stroberi

Dengan kadar air yang mencapai 91 persen, stroberi termasuk buah yang bisa mencegah dehidrasi saat berpuasa.

Selain itu, stroberi juga menyediakan banyak serat, antioksidan penangkal penyakit dan vitamin dan mineral, termasuk vitamin C, folat dan mangan.

Mengonsumsi stroberi secara teratur telah terbukti mengurangi peradangan, yang dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung, diabetes, alzheimer dan berbagai jenis kanker.

Mudah memasukkan stroberi ke dalam makanan berbuka atau sahur. Bisa mencampurkannya ke dalam smoothie, jus, sop buah atau salad. Stroberi juga dapat menjadi tambahan unik untuk sandwich dan pancake.

3. Blewah

Buah blewah adalah jenis melon yang sangat bergizi dan dapat meningkatkan kesehatan saat puasa dengan beberapa cara.

Satu cangkir (177 gram) blewah terdiri dari sekitar 90 persen air dan memberikan lebih dari setengah cangkir (118 ml) air per sajiannya.

Baca juga: 7 Manfaat Buah Blewah, untuk Hidrasi dan Menurunkan Risiko Kanker

Satu cangkir blewah juga mengandung 2 gram serat, yang bekerja bersama dengan air untuk meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan.

Hal ini mencegah untuk makan berlebihan saat berpuasa namun dengan manfaat menghidrasi yang tinggi.

Selain itu, blewah juga kaya akan vitamin A, buah ini menyediakan 120 persen dari kebutuhan harian dalam porsi satu cangkir.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com