Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Melancarkan Haid secara Alami dan Aman

Kompas.com - 02/07/2024, 06:10 WIB
Rini Agustin,
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Setiap wanita bisa memiliki siklus haid yang berbeda-beda, siklus haid normal biasanya terjadi pada interval waktu yang sama setiap bulannya. Kondisi ini berlangsung selama 24-38 hari.

Siklus dianggap tidak teratur jika lebih pendek dari 24 hari atau lebih lama dari 38 hari. Siklus menstruasi mungkin juga tidak teratur jika panjangnya bervariasi lebih dari 20 hari dari bulan ke bulan.

Penyebab siklus haid tidak lancar sendiri beragam. Remaja yang memasuki masa pubertas dan wanita yang memasuki masa menopause biasanya akan mengalami kondisi ini.

Namun, siklus haid tidak lancar pada masa ini wajar terjadi karena pengaruh perubahan hormon dalam tubuh.

Beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan haid tidak lancar meliputi stres, penggunaan alat kontrasepsi tertentu, gaya hidup tidak sehat, sindrom ovarium polikistik, hingga adanya penyakit tiroid yang diderita.

Baca juga: Darah Haid yang Sehat Itu Seperti Apa? Berikut 4 Daftarnya…

Untuk membantu melancarkan haid agar kembali normal, cara melancarkan haid di bawah ini bisa Anda lakukan.

Cara Melancarkan Haid Secara Alami

Melansir dari Healthline, guna mengatasi haid tidak lancar, ada beberapa cara memperlancar haid yang bisa Anda coba lakukan, yaitu:

1. Latihan Yoga

Yoga mungkin merupakan salah satu cara yang efektif untuk berbagai masalah menstruasi.

Sebuah studi tahun 2013 terhadap 64 wanita mengamati efek berlatih yoga selama 12 minggu.

Hasil studi menunjukkan, latihan yoga dapat meningkatkan fungsi fisik, nyeri tubuh berkurang, pembengkakan, nyeri payudara, dan kram lebih sedikit.

Baca juga: 2 Manfaat Yoga untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Kemudian, studi di tahun yang sama terhadap 126 peserta juga menemukan bahwa latihan yoga selama 35 sampai 40 menit setiap 5 hari seminggu selama 6 bulan dapat menurunkan kadar hormon yang berhubungan dengan menstruasi yang tidak teratur.

Yoga juga telah terbukti mengurangi nyeri haid dan gejala emosional yang terkait dengan menstruasi, seperti depresi dan kecemasan, serta meningkatkan kualitas hidup wanita dengan dismenore primer.

Dismenore primer adalah suatu kondisi yang menyebabkan rasa sakit yang luar biasa sebelum dan selama periode menstruasi.

Latihan yoga dapat dilakukan dengan mengikuti kelas yoga yang dipandu oleh profesional atau melakukannya di rumah dengan bantuan video untuk pemula.

2. Jaga Berat Badan Ideal

Kelebihan atau kekurangan berat badan juga dapat memengaruhi kadar hormon reproduksi dan siklus haid. Hal ini sebenarnya dapat diatasi dengan menjaga berat badan ideal.

Baca juga: 10 Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari, Termasuk Menurunkan Berat Badan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com