Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rempah-rempah yang Meningkatkan Peluang Hidup Panjang Umur

Kompas.com - 19/07/2024, 12:00 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa rempah dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, dan membantu memperlambat penuaan.

Penuaan adalah proses yang tidak bisa terelakkan, yang pada gilirannya mengakibatkan kematian. Namun, proses penuaan bisa diperlambat dan harapan hidup ditingkatkan.

Baca juga: 7 Hal yang Harus Dihindari untuk Hidup Panjang Umur

Menurut Harvard Health yang dikutip dari Clean Eating, kunci memperlambat penuaan dan meningkatkan harapan hidup adalah dengan memperkuat sistem imun tubuh yang berfungsi melawan penyakit, karena sistem ini melemah seiring bertambahnya usia.

Mengutip Well and Good, stres oksidatif dan perdangan dianggap yang berkontribusi terhadap penurunan kesehatan kita secara bertahap seiring bertambahnya usia.

Peradangan adalah bagian alami dari respons imun untuk melawan infeksi dan memperbaiki kerusakan akibat cedera.

Peradangan yang berlebihan dikaitkan dengan penyakit kronis, termasuk penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes, penyakit ginjal, dan penyakit hati berlemak non-alkohol.

Baca juga: 6 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari untuk Hidup Panjang Umur

"Kita tahu bahwa peradangan yang meningkat dan stres oksidatif berkontribusi terhadap penyakit yang berkaitan dengan usia," kata Gary W. Small, MD, kepala dokter untuk perilaku sehat di Hackensack Meridian Health di New Jersey dan mantan direktur UCLA Longevity Center.

Faktanya, makanan yang kita makan setiap hari memainkan peran utama dalam proses penuaan yang sehat dan umur panjang.

Beberapa bumbu dan rempah-rempah berpotensi sangat membantu kita untuk mendapatkan peluang panjang umut dengan meningkatkan kekebalan tubuh, melawan perdangan, dan memperlambat penuaan.

Baca terus artikel ini untuk mempelajari rempah-rempah yang berpotensi meningkatkan peluang kita hidup panjang umur.

Baca juga: Macam Makanan untuk Meningkatkan Peluang Hidup Panjang Umur

Macam-macam rempah untuk meningkatkan peluang hidup panjang umur

Disari dari Well and Good, Eating Well, dan Clean Eating, berikut beberapa rempah yang berpotensi meningkatkan kesehatan seiring bertambahnya usia dan berpeluang membuat Anda hidup panjang umur:

  • Jahe

Jahe tekenal sebagai rempahh yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Senyawa gingerol dalam jahe adalah sumber sebagian besar manfaat tanaman ini.

Senyawa ini memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat, serta berpotensi memberikan efek anti-kanker.

Menurut Eating Well, jahe juga memberikan efek untuk meredakan nyeri. Gingerol dan shogaol dalam kandungan jahe merupakan zat yang bekerja dengan cara yang sama seperti obat bebas seperti ibuprofen.

Rachelle Robinette, seorang herbalis klinis dan praktisi kesehatan holistik merekomendasikan mengonsumsi jahe beberapa kali seminggu sebagai ekstrak segar, diparut ke dalam makanan, ditambahkan ke tumisan, atau diiris dalam secangkir teh panas.

Baca juga: 11 Faktor yang Memengaruhi Hidup Panjang Umur

  • Kunyit

Kunyit adalah rempah yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi kuat lainnya, yang tidak boleh ketinggalan saat membicarakan peluang hidup panjang umur.

Kunyit disebut sebagai "imunomodulator alami" atau zat yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan sistem imun saat Anda membutuhkannya, dan meredakannya untuk mencegah peradangan berlebih yang terlibat dalam banyak kondisi kronis.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kunyit bahkan berpotensi berperan dalam mencegah dan mengobati kanker, penyakit kardiovaskular, kondisi metabolik, penyakit saraf, dan penyakit kulit.

Meskipun tidak ada salahnya untuk menikmati lebih banyak makanan yang mengandung kunyit, Anda perlu mengonsumsi suplemen kurkumin untuk mendapatkan manfaat kesehatan penuh dari rempah-rempah tersebut.

"Untuk tujuan terapeutik, Anda perlu mengonsumsi dosis yang lebih tinggi," kata Robinette.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau