Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peneliti Manfaatkan AI untuk Prediksi Risiko Sindrom Metabolik

Kompas.com - 16/08/2024, 18:00 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

KOMPAS.com - Para peneliti Mayo Clinic mengkombinasikan kecerdasan buatan atau AI dan pemindai volume tubuh secara 3D yang canggih untuk menentukan penanganan sindrom metabolik.

Melansir Mayo Clinic pada Kamis (15/8/2024), penelitian ini dilakukan untuk menemukan cara yang memudahkan para dokter untuk memprediksi risiko dan tingkat keparahan sindrom metabolik.

"Ada kebutuhan untuk mengukur risiko dan tingkat keparahan sindrom metabolik yang dapat diandalkan dan diulang," kata seorang peneliti di Mayo Clinic dan penulis Utama penelitian Betsy Medina Inojosa, M.D.

Baca juga: 8 Cara Mengobati Sindrom Metabolik dengan Obat dan secara Alami

Menurut temuan yang dipublikasikan dalam European Heart Journal - Digital Health, kombinasi alat ini menawarkan alternatif yang lebih tepat bagi dokter untuk mengukur risiko penyakit, seperti terkait indeks massa tubuh (BMI) serta rasio lingkar pinggang dan panggul (RLPP) yang berlebihan.

“Pengukuran indeks massa tubuh dan timbangan bioimpedansi yang mengukur lemak dan otot tubuh tidak akurat untuk banyak orang, dan jenis pemindaian lainnya tidak tersedia secara luas," ungkap Inojosa.

Menurutnya, kombinasi AI dan alat pemindai volume tubuh yang canggih bisa menjadi solusi dari masalah yang ada terkait diagnosis sindrom metabolik.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa model AI ini juga dapat menjadi alat untuk memandu dokter dan pasien dalam mengambil tindakan dan mencari hasil yang lebih sesuai untuk kesehatan metabolisme pasien,” ujarnya.

Baca juga: 7 Penyebab Sindrom Metabolik, Cara Mengobati, dan Pencegahannya

Sindrom metabolik adalah sekelompok kondisi Kesehatan yang jika digabungkan dapat menjadi penyebab serangan jantung, stroke, dan masalah kesehatan serius lainnya, serta memengaruhi lebih dari sepertiga populasi Amerika Serikat dan seperempat orang di seluruh dunia.

Efek dari penyakit metabolik menimbulkan kesulitan bagi pasien. Selain serangan jantung dan stroke, orang dengan sindrom metabolik lebih mungkin mengembangkan diabetes, penyakit kognitif, dan penyakit hati.

Sindrom metabolik didiagnosis secara klinis ketika seseorang memiliki setidaknya tiga dari lima kondisi, yang meliputi obesitas perut, tekanan darah tinggi, trigliserida tinggi, kolesterol HDL rendah, dan gula darah puasa yang tinggi.

Selama ini, sindrom metabolik tidak memiliki strategi skrining yang diterima secara luas.

Baca juga: Kenali Apa itu Sindrom Metabolik dan Bahayanya

Namun, para peneliti Mayo Clinic menemukan bahwa menggunakan pemindai volume tubuh secara 3D yang dikombinasikan dengan teknologi pencitraan dan algoritma yang dikembangkan Mayo Clinic dapat membantu dokter menawarkan metode yang lebih akurat untuk mengidentifikasi orang yang memiliki sindrom ini, serta mereka yang berisiko terkena sindrom ini.

Untuk mengembangkan alat ini, para peneliti melatih dan memvalidasi model AI pada 1.280 subjek sukarelawan yang menjalani evaluasi yang mencakup pemindaian volume tubuh 3D, kuesioner klinis terstandardisasi, tes darah, dan pengukuran bentuk tubuh tradisional.

Sebanyak 133 sukarelawan lainnya diambil gambar tampak depan dan sampingnya melalui aplikasi seluler dari Select Research yang disebut myBVI, untuk menguji lebih lanjut kemampuan alat ini dalam mengevaluasi apakah mereka menderita sindrom metabolik. Jika iya, seberapa parah sindrom tersebut.

Baca juga: Sindrom Metabolik

Orang dengan sindrom metabolik biasanya memiliki tubuh berbentuk apel, yang berarti mereka membawa banyak berat badan di sekitar perut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau