Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Manfaat Air Mentimun Bagi Tubuh, Tetap Terhidrasi dan Sehat

Kompas.com - 17/08/2024, 20:20 WIB
Khairina

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com-Air mentimun menawarkan banyak manfaat kesehatan, termasuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, membantu penurunan berat badan, menyediakan antioksidan, dan kemungkinan membantu mencegah kanker.

Air mentimun tidak lagi hanya untuk spa. Semakin banyak orang menikmati minuman sehat dan menyegarkan ini di rumah, dan mengapa tidak? Rasanya lezat dan mudah dibuat.

Berikut adalah 7 cara air mentimun bermanfaat bagi tubuh:

1. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa air. Sebagian besar orang disarankan untuk minum 6 hingga 8 gelas air per hari, menurut American Academy of Family Physicians. Menambahkan mentimun pada air putih memberikan rasa ekstra, mendorong seseorang minum lebih banyak.

2. Membantu menurunkan berat badan

Untuk yang mencoba menurunkan berat badan, menggantikan soda manis, minuman berenergi, dan jus dengan air mentimun dapat membantu memangkas kalori.

Tetap terhidrasi juga membantu tubuh merasa kenyang. Kadang-kadang tubuh bingung antara rasa haus dan lapar. Anda mungkin merasa lapar, padahal sebenarnya haus.

Bagaimana cara mengetahui perbedaannya? Ambil segelas tinggi air mentimun terlebih dahulu. Jika rasa lapar hilang setelah minum, berarti haus. Jika Anda masih merasa lapar, maka itu adalah lapar.

Baca juga: Apakah Mentimun Baik untuk Penderita Asam Urat? Ini Penjelasannya...

3. Memberikan asupan antioksidan

Antioksidan adalah zat yang membantu mencegah dan memperlambat kerusakan sel akibat stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Stres oksidatif dapat menyebabkan kondisi kronis seperti kanker, diabetes, penyakit jantung, alzheimer, degenerasi mata.

Mentimun tinggi antioksidan. Mereka kaya akan vitamin C, beta karoten, mangan, molibdenum, beberapa antioksidan flavonoid

4. Dapat membantu mencegah kanker

Beberapa penelitian awal menunjukkan mentimun mungkin membantu dalam melawan kanker. Selain antioksidan, mentimun juga memiliki senyawa yang disebut cucurbitacin dan kelompok nutrisi yang disebut lignan, yang berperan melindungi dari kanker.

Satu studi dalam Journal of Cancer Research menunjukkan bahwa flavonoid fisetin dalam makanan, yang ditemukan dalam mentimun, mungkin membantu memperlambat perkembangan kanker prostat.

Baca juga: Apakah Mentimun Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah?

5. Menurunkan tekanan darah


Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi adalah terlalu banyak garam (natrium) dan terlalu sedikit kalium yang dikonsumsi. Kelebihan garam menyebabkan tubuh menahan cairan, yang meningkatkan tekanan darah. Kalium adalah elektrolit yang membantu mengatur jumlah natrium yang disimpan oleh ginjal.

Mentimun adalah sumber kalium yang baik. Minum air mentimun membantu tubuh mendapatkan lebih banyak kalium, yang bisa membantu menurunkan tekanan darah.

6. Mendukung kesehatan kulit

Air mentimun dapat membantu menenangkan kulit Anda dari dalam ke luar. Tetap terhidrasi membantu tubuh mengeluarkan racun dan menjaga kulit tetap sehat. Mentimun juga tinggi asam pantotenat atau vitamin B-5, yang telah digunakan untuk mengobati jerawat. Satu cangkir irisan mentimun memiliki sekitar 5 persen dari nilai harian yang direkomendasikan untuk vitamin B-5.

7. Meningkatkan kesehatan tulang
Mentimun kaya akan vitamin K. Bahkan, satu cangkir irisan mentimun mengandung sekitar 19 persen dari nilai harian yang direkomendasikan. Tubuh  membutuhkan vitamin K untuk membantu membentuk protein yang diperlukan untuk membuat tulang dan jaringan yang sehat serta membantu darah menggumpal dengan benar. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau