Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memahami Kandungan Gula Alami dan Tambahan pada Produk Susu

Kompas.com - 06/09/2024, 17:30 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Banyak orangtua khawatir dengan kandungan gula dalam produk susu anak. Untuk itu orangtua perlu cermat mengenali keamanan konsumsi gula dan cara membaca label kemasan.

Konsumsi gula tidak bisa dihindari secara penuh karena tubuh tetap membutuhkannya, meski dalam jumlah terbatas.

Dijelaskan oleh dokter spesialis anak konsultan nutrisi dan metabolik Yoga Devarea, gula berfungsi sebagai pemenuhan energi anak untuk mendapatkan tenaga.

"Jika asupan kalori atau energinya rendah, pertumbuhan terganggu, sedangkan jika berlebih bisa berakibat kegemukan," ujar dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

Gula sendiri ada berbagai macam jenis, termasuk gula alami dan gula tambahan. Gula alami merupakan gula yang terdapat dalam makanan utuh seperti buah, sayuran, dan produk susu (laktosa).

Sedangkan gula tambahan adalah gula yang ditambahkan ke dalam makanan olahan seperti kue, permen, atau makanan dan minuman, termasuk juga sirup dan madu.

Baca juga: Bayi di Bawah Usia 2 Tahun Tak Perlu Gula Tambahan

Meskipun gula tambahan aman dikonsumsi dalam jumlah sedang, konsumsi berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

“WHO merekomendasikan 10 persen dari total kalori. Jika di bawah 5 persen lebih baik. Asosiasi dokter anak di negara lain akan merekomendasikan total gula tambahan di bawah 10 persen dari total kalori,” ujar dr. Yoga.

Orangtua perlu cermat saat membaca label pangan. Yang harus dicermati di label ketika membeli produk susu untuk anak adalah gula tambahan seperti sukrosa (gula pasir), bukan kadar gula total.

"Dalam gula total tersebut, juga terkandung sumber karbohidrat lainnya, seperti laktosa yang keduanya aman dan tidak terkait dengan masalah kesehatan. Laktosa sendiri adalah gula yang secara alami terdapat pada susu," paparnya.

Baca juga: Studi: Minat terhadap Camilan Bebas Gula Alami Peningkatan

Mengenal meltodekstrin

Menyingung tentang beredarnya isu bahaya gula maltodekstrin dalam produk susu, menurut dr.Yoga ini adalah salah satu gula rantai panjang atau polisakarida yang kerap digunakan dalam berbagai produk makanan.

Pakar gizi Dr.Rosyanne Kushardina S.Gz Msi, menjelaskan maltodextrin adalah salah satu bahan makanan tambahan (BTP) yang aman, terbuat dari bahan alami, dan tidak hanya terdapat dalam susu formula.

Maltodekstrin biasa ditambahkan ke produk pangan sebagai pengawet, penguat rasa, filler (meningkatkan volume), untuk meningkatkan tekstur, dan ada juga yang digunakan sebagai perisa,” ujar Rosyanne.

Maltodekstrin juga kerap digunakan sebagai pengganti laktosa pada produk susu, untuk mereka yang intoleransi terhadap laktosa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau