Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/08/2013, 14:29 WIB


TANYA :

Prof, saya adalah seorang perempuan, saya ingin merubah menjadi laki laki (transgender). Tetapi saya sedang bingung untuk mendapatkan terapi hormon testosteron. Yang ingin saya tanyakan apa yang harus saya lakukan supaya bisa melakukannya? Berapa lamakah terapi tersebut harus saya lakukan? dan berapa biayanya? dimana tempat yang bisa melayani hal tersebut Terimakasih

(Tara, 26, Tegal)

 

JAWAB :

Keinginan Anda untuk mengubah jenis kelamin menjadi laki-laki, tentu saja harus dikonsultasikan kepada tenaga ahli. Keputusan bukan hanya oleh Anda sendiri, karena yang akan melakukan tindakan adalah tenaga ahli itui.

Oleh karena itu, diperlukan konseling yang mendalam disertai pemeriksaan yang benar sebelum timbul kesimpulan akhir apakah akan dilakukan tindakan atau tidak. Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan antara lain aspek biologik, aspek psikologis, aspek perilaku.

Pengobatan hormon testosteron hanya salah satu tindakan yang mungkin akan Anda terima. Tetapi yang pasti pengobatan testosteron tidak dapat membuat Anda mempunyai kelamin laki-laki. Anda dapat berkonsultasi dulu ke dokter spesialis Andrologi.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com