Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebentar Jadi Ibu Baik Sebentar Jahat, Kenapa Saya?

Kompas.com - 04/03/2014, 11:09 WIB


TANYA :

Dok, saya sebenarnya tidak tahu ada apa sebenarnya terjadi  pada diri saya. Saat ini saya sudah berkeluarga dengan 3 anak. Kadang kala, saya tiba-tiba marah besar untuk sebenarnya masalahnya kecil dan sepele. Tetapi emosi saya terlampau besar sampai mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas kepada anak-anak. Tetapi di saat yang tidak lama saya (kata suami) saya berubah menjadi sosok ibu, istri yang baik, dan berbuat seolah-olah tidak terjadi apa barusan.  Ada kejadian yang benar-benar membuat suami dan keluarga marah besar.  Saya mengambil uang dan menghabiskannya dalam waktu singkat, kalau singkat cerita waktu saya mengambilnya itu secara tak sadar (kata suami saya... ekspresi saya saat itu seolah-olah tanpa bersalah tanpa merasa takut ketahuan, tanpa ekspresi sama sekali). Begitu ketahuan saya ditanya suami, apa yang sudah saya lakukan, buat apa uang itu, saya menjawab TIDAK TAHU. Pertanyaan saya, menurut analisa dokter apa yang terjadi pada diri saya? Solusinya bagaimana yang baik menurut dokter agar saya bisa hidup normal? Kata orang, saya itu kadang bisa menjadi orang yang sangat pintar bicara, tutur kata yang lembut, bersahabat. Tetapi secepat kilat bisa menjadi monster yang buruk sekali. Tolong bantu saya dok, saya ingin hidup normal.

(Ragil, 36, Cirebon)

 

JAWAB :

Ibu Ragil yang baik,

Informasi yang ibu sampaikan sayangnya terbatas karena keterbatasan ruang konsultasi. Jika melihat dari kondisi ibu yang lebih banyak terkait dengan adanya gangguan suasana perasaan dan perilaku yang membuat kendala psikologis dan sosial, maka ada kemungkinan ibu mengalami suatu kondisi gangguan jiwa.

Untuk lebih pastinya, tentu ibu harus berkunjung ke psikiater agar didiagnosis lebih baik dan tepat. Gambaran gangguan jiwa yang ibu gambarkan memang bisa terjadi pada pasien dengan gangguan jiwa Bipolar atau dengan Gangguan Kepribadian Ambang (Borderline Personality Disorder).

Kesulitan beradaptasi dengan luapan emosi dan sulit mengendalikan emosinya, kadang naik kadang turun, kadang bisa lembut tetapi kadang bisa sebaliknya adalah suatu ciri suasana perasaan (mood) yang sering dialami oleh pasien Bipolar atau Gangguan Kepribadian Ambang/Borderline.

Orang yang mengalami gangguan ini sebenarnya tampak biasa saja dalam pergaulan, bahkan sering kali merupakan orang-orang yang menarik. Namun ketika kondisi suasana perasaannya tidak stabil, maka dia bisa berubah jauh sekali dari yang selama ini kita kenal. Saya berharap ibu bisa segera berkonsultasi ke psikiater karena gangguan jiwa ini jika dibiarkan akan mengganggu kehidupan keluarga dan pribadi ibu sendiri. Semoga membantu.

Salam Sehat Jiwa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com