Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/04/2014, 16:55 WIB
Unoviana Kartika

Penulis


KOMPAS.com -Cara berjalan ternyata ikut berpengaruh pada postur tubuh dan kesehatan organ-organ vital. Sayangnya, seringkali kebiasaan jalan yang salah tidak disadari. Nah bagaimana untuk mengetahui cara jalan yang kita lakukan sudah benar atau belum?
 
Penemu metode Rahasia Berjalan Alami (RBA) Effendi mengatakan, benar atau tidaknya cara berjalan dapat dilihat oleh profesional. Namun ada beberapa indikator yang bisa dijadikan patokan oleh awam untuk mengetahui apakah cara berjalannya sudah tepat atau belum.
 
Indikator-indikator tersebut antara lain:

- Ketidakseimbangan antara kaki kiri dan kanan. Misalnya terjadi pincang atau tidak lurus saat berjalan. Cara paling mudah untuk mengetahuinya adalah sepatu yang cepat aus di satu sisi.
 
- Bentuk kaki O atau X. Bentuk kaki ini memang terkadang disebabkan oleh penyakit, namun cara berjalan juga dapat mempengaruhinya. "Namun jika disebabkan oleh cara berjalan yang salah, gangguan ini bisa diperbaiki," ujar master di bidang sains California State University ini.
 
- Pinggul terlalu menjorok ke kanan dan kiri saat berjalan. Cara jalan seperti ini, kata Irmansyah, dapat memberi tekanan terlalu besar pada lutut maupun tumit sehingga mudah menyebabkan cidera.
 
- Terdapat gangguan di kepala, pinggang, punggung, panggul.
Irmansyah menjelaskan, gangguan pada bagian-bagian ini erat kaitannya dengan kebiasaan berjalan. Namun memahami cara berjalan yang salah setelah adanya gangguan, menurut dia, artinya sudah terlambat. Meski begitu memperbaiki cara berjalan tetap dapat dijadikan terapi.
 
Cara berjalan yang salah, terangnya, dipengaruhi pula dari alas kaki yang digunakan. Penggunaan alas kaki yang terlalu tipis, hak sepatu terlalu tinggi tinggi atau yang terlalu empuk bisa menimbulkan gerakan kaki yang tidak tepat sehingga rentan cidera.
 
"Cara berjalan juga dipengaruhi oleh kebiasaan orangtua. Karena anak cenderung meniru segala yang dilakukan orangtuanya," katanya.
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com