Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/06/2014, 15:36 WIB
Kontributor Female, Melissa Hendrasari

Penulis

Sumber She Knows

KOMPAS.com - Bertambahnya usia bukan hanya menambah kebijaksanaan, tapi seringkali meningkatkan risiko penyakit. Wanita berusia 40-an disebut paling banyak mengeluarkan uang untuk bisa mempertahankan kecantikan usia 20-an mereka.

Meski tak sedikit wanita yang tetap cantik dan bugar di usia paruh baya, tetapi itu tak menjadikan mereka lebih kebal terhadap masalah kesehatan yang berkaitan dengan usia.

Berikut adalah beberapa penyakit yang rentan dihadapi wanita berusia di atas 40 tahun:

Kesehatan Payudara
Di usia ini sangat penting memeriksa kesehatan payudara secara teratur, walau sebenarnya direkomendasikan bagi wanita di usia dewasa. Untuk wanita 40 tahun ke atas pemeriksaan payudara harus dimasukan ke dalam jadwal rutin cek kesehatan tahunan.

The National Cancer Institute memperkirakan bahwa lebih dari 13% wanita akan didiagnosis mengidap kanker payudara pada suatu saat dalam kehidupan mereka. Selain Pemeriksaan rutin perubahan dalam gaya dan pola hidup Anda juga dapat mengurangi kemungkinan terkena penyakit yang berpotensi fatal.

Osteoporosis
Menurut National Osteoporosis Faundation, wanita empat kali berpotensi lebih besar terkena osteoporosis atau tulang keropos dibandingkan dengan pria dan dapat menyerang di usia berapa pun.

Jika Anda mempunyai riwayat keluarga yang terkena osteoporosis atau tulang kecil dan tipis, menstruasi yang tidak teratur atau memasuki manopause dini, segeralah memeriksakan diri ke dokter untuk melakukan tes kepadatan tulang atau DEXA scan. Pengecekan dini kepadatan tulang dapat mencegah dan mengurangi resiko patah tulang dan perkembangan penyakit.

Penyakit jantung
Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian wanita di Amerika selain kanker dan lainnya. Karena itu selalu cek tekanan darah dan kolesterol pada saat cek kesehatan rutin, terutama jika ada riwayat penyakit jantung dalam keluarga mereka.

Kehamilan yang tidak diinginkan
Selain remaja, wanita 40 tahun ke atas juga memiliki risiko yang tinggi untuk kehamilan yang tidak diinginkan dan aborsi. Ahli kesehatan perempuan mengatakan sangat penting untuk tetap mengontrol kehamilan walaupun sudah berusia diatas 40 tahun. Tetap disarankan untuk menggunakan kontrasepsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com