Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/04/2015, 08:15 WIB

KOMPAS.com - Apakah Anda memiliki taman hijau dengan hamparan rumput segar? Ya, selain untuk menghijaukan lingkungan rumah Anda, rumput hijau ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan Anda lho! Anda tidak selalu harus melakukan jalan-jalan pagi Anda untuk berkeliling komplek atau berjalan di atas batu.

Anda bisa berjalan kaki telanjang tidak hanya di atas pasir atau batu. Rumput hijau di rumah Anda bisa dijadikan alternatif pengganti alas pasir dan batu. Ingin tahu apa saja manfaat berjalan kaki telanjang di atas rumput?


1. Menjaga kesehatan kaki

Berjalan tanpa alas kaki adalah olahraga yang bagus untuk kaki Anda. Hal ini memperkuat dan meregangkan otot-otot, tendon dan ligamen di bagian pergelangan kaki dan betis. Hal tersebut juga membantu mencegah cedera, ketegangan lutut dan masalah punggung serta meningkatkan kekuatan fleksor dan bermanfaat bagi orang yang memiliki kaki datar.

Selain itu, berjalan tanpa alas kaki juga membantu menjaga postur tubuh Anda agar tetap tegak dan mengurangi risiko kapalan dan kekakuan pada telapak kaki Anda.

2. Membantu mengurangi stres

Berjalan tanpa alas kaki di rumput, terutama di pagi hari dapat membantu meremajakan indra dan menenangkan pikiran. Kombinasi udara segar, sinar matahari yang hangat, lingkungan hijau dan suasana pagi memberikan Anda banyak manfaat kesehatan.

Oksigen segar yang baik untuk organ tubuh Anda, sinar matahari memberikan vitamin D dan suasana tenang membantu seluruh tubuh dan pikiran Anda rileks. Hal ini akan membantu Anda merasa lebih santai dan secara otomatis mengurangi stres. Selain itu, memulai hari Anda dengan berjalan tanpa alas kaki di atas rumput selama 30 menit akan membantu Anda mempermudah kegiatan sehari-hari Anda.

3. Mempertajam penglihatan

Kaki kita memiliki banyak zona refleksologi yang sesuai dengan berbagai organ tubuh kita, termasuk mata. Ketika berjalan tanpa alas kaki, Anda memberikan tekanan maksimum pada jari pertama, kedua, dan ketiga yang merupakan titik tekanan refleksologi utama untuk mata.

Dengan merangsang titik-titik ini akan membantu meningkatkan penglihatan. Hal ini juga membantu agar seluruh tubuh tetap sehat. Selain itu, melihat warna hijau pada rumput juga akan membantu menenangkan mata.

4. Meningkatkan elektron dalam tubuh

Stres, radikal bebas dari paparan radiasi, lemak trans, rokok, insektisida, pestisida akan terus menguras elektron dalam tubuh Anda. Bumi merupakan sumber yang baik dari elektron penghilang radikal bebas.

Menurut review yang dipublikasikan dalam Journal of Environmental and Public Health pada tahun 2012, ketika Anda berjalan tanpa alas kaki di tanah, elektron permukaan bumi ditransfer ke dalam tubuh Anda dan meningkatkan perubahan fisiologis yang menarik. Elektron ini memiliki efek antioksidan yang membantu melawan stres oksidatif yang berhubungan dengan peradangan dan penyakit.

5. Memenuhi asupan vitamin D

Ketika Anda berjalan dengan kaki telanjang di atas rumput, sinar matahari yang menerpa jugammenyehatkan tubuh dengan vitamin D. Vitamin D membantu menjaga tulang Anda agar tetap sehat dan mencegah osteoarthritis dan penyakit sendi lainnya. Selain itu, vitamin D akan membantu Anda menurunkan risiko hipertensi, penyakit jantung, diabetes tipe 1, multiple sclerosis, penyakit Alzheimer, rheumatoid arthritis, dan beberapa kanker tertentu. Vitamin D juga sangat penting bagi wanita hamil.

Untuk manfaat maksimal, nikmatilah berjalan di pagi hari atau sore hari ketika sinar matahari tidak begitu terik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com