Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/09/2015, 17:01 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyusui memang menjadi tugas ibu kepada bayinya. Namun, ayah juga berperan penting dalam proses menyusui. Berdasarkan penelitian, jika ayah mendukung kegiatan menyusui, maka keberhasilan memberikan ASI mencapai lebih dari 90 persen. Lalu, apa yang bisa dilakukan ayah?

Terapis hypno-breastfeeding Fonda Kuswandi mengatakan, banyak hal kecil yang bisa dilakukan ayah kepada sang istri, baik dengan perbuatan maupun kata-kata. Mengapa demikian? Sebab, produksi ASI membutuhkan hormon prolaktin dan pengeluaran ASI membutuhkan hormon oksitosin. Kerja kedua hormon tersebut sangat dipengaruhi oleh kondisi psikologis ibu.

Misalnya, saat ibu mengeluh ASI sedikit. Ayah jangan membuat ibu tambah panik, apalagi menyalahkan ibu atas sedikitnya ASI yang keluar. Sebaiknya, ayah menenangkan ibu agar tidak khawatir. Ajak ibu bersyukur dengan berapapun hasil ASI yang diperah. Dengan begitu, pikiran ibu akan kembali positif. Semangat Ibu juga tetap terjaga untuk memberikan ASI.

"Pastikan kalimat yang keluar dari mulut bapak bisa meningkatkan kepercayaan diri istri," kata Fonda dalam diskusi bersama Philips Avent di Rumah Sakit Bunda, Jakarta, Sabtu (12/9/2015).

Ayah juga harus tahu pentingnya ASI bagi bayi. Ketika ASI tidak berlimpah, jangan lantas putus asa dan langsung menyarankan ibu memberi susu formula kepada bayi. Ingat, segudang manfaat didapatkan bayi dan juga ibu jika berhasil memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan dan dilanjutkan ASI dengan makanan pendamping ASI hingga 2 tahun.

Kemudian, ayah juga harus membuat hati ibu senang. Menurut Fonda, hubungan yang baik antar pasangan suami istri harus terus dijaga. "Ketika istri merasa enggak dicintai, dihargai, disayang, itu pengaruh ke hasil ASI," ujar lulusan psikologi ini.

Misalnya, jika pekerjaan sudah selesai, pulanglah lebih cepat ke rumah untuk mendampingi ibu menyusui sang buah hati. Sentuhlah bayi, menciumnya, dan ajaklah bayi berbicara. Jangan semua urusan bayi dibebankan kepada ibu. Apalagi, jika istri mengalami baby blues. Kehadiran ayah di sisi ibu dan bayi sangat penting. Hal ini juga untuk meningkatkan ikatan antara ayah dan bayi. "Memberikan ASI kadang enggak mudah. Ayo, Pak, full berada di samping ibu. Itu dibutuhkan," imbuh Fonda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com