Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/09/2015, 13:10 WIB
KOMPAS.com - Sebagai wanita yang super sibuk, entah itu untuk mengurus keluarga dan karier, atau aktif di komunitas, seharusnya Anda juga memahami peran hormon agar Anda selalu memiliki energi dalam menghadapi stres dan jadwal yang padat.

Seperti halnya balita, orang dewasa juga bisa mengalami tantrum dan rewel karena kelelahan. Kepandaian kita "berakrobat" dalam menyelesaikan banyak tugas tentu berdampak pada level energi. Tetapi, energi yang rendah itu juga bisa menandakan adanya hormon yang berantakan.

Salah satu penyebab kita gampang merasa kelelahan adalah gangguan pada kelenjar adrenal. Fungsi kelenjar ini yang terganggu bisa terjadi karena stres kronik atau pola makan dan gaya hidup yang kurang sehat.

Adrenal adalah kelenjar endokrin yang berada di atas ginjal dan memproduksi hormon kortisol (dikenal juga dengan hormon stres). Kortisol ini bertanggung jawab untuk memobilisasi simpanan glukosa dari lemak dan memberikan tubuh energi yang dibutuhkan di antara waktu makan.

Idealnya, kita akan mengalami peningkatan kortisol sekitar jam 6 pagi agar kita bisa bangun dari tempat tidur, pada siang hari agar kita bisa beraktivitas, dan sedikit kortisol menjelang sore, dan lebih sedikit lagi di sekitar waktu makan malam.

Bila kita memiliki gaya hidup yang buruk (merokok, tak pernah beraktivitas fisik), dan juga pola makan tidak sehat, pola pengeluaran kortisol itu bisa terganggu.

Pada siang hari tidak ada atau sedikit kortisol yang dihasilkan sehingga kita merasa tak berenergi, kemudian di malam hari tubuh justru dibanjiri kortisol sehingga kita susah tidur.

Kekacauan tersebut merupakan derajat dua kelelahan adrenal dan biasanya juga terjadi saat kita mengalami ketidakseimbangan hormonal. Pada derajat tiga, tidak ada lagi kortisol yang dihasilkan sehingga kita akan mengalami kelelahan dan kecemasan.

Jika Anda sering mengalami kesulitan untuk bangun di pagi hari atau merasa tak bersemangat sepanjang hari, mungkin Anda juga mengalami gangguan adrenal.

Kabar baiknya, ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan keseimbangan hormon. Pertama, tentu saja kendalikan stres. Jika Anda termasuk orang yang sangat sibuk, buatlah prioritas hal yang harus dilakukan dan delegasikan tugas pada orang terdekat Anda.

Konsumsi makanan yang tepat dan suplemen jika diperlukan. Untuk menghindari memburuknya gejala kelelahan, hindari minuman berkafein di pagi hari. Suplemen yang mengandung ginkgo biloga dan juga vitamin B bisa meningkatkan energi dan membantu fokus.

Jangan lupa melakukan aktivitas fisik ringan. Bersepeda, berjalan kaki, atau berenang bukan hanya menyehatkan tapi juga bisa merangsang pengeluaran hormon endorfin yang bisa membuat kita lebih bahagia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com