Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Hal yang Seharusnya Tidak Anda Pikirkan soal Makanan

Kompas.com - 03/01/2016, 20:05 WIB

KOMPAS.com - Terkadang musuh terbesar kita adalah diri kita sendiri ketika berhadapan dengan makanan. Hal-hal kecil yang kita katakan pada diri sendiri sebelum atau sesudah makan mungkin bisa membahayakan tubuh lebih dari yang kita sadari.

Berikut 8 hal yang disarankan ahli gizi untuk berhenti mengatakan tentang makanan kepada diri Anda.

 

1. "Saya sangat buruk hari ini."

Rasa bersalah dan kerugian adalah dua hal yang paling kuat untuk memicu emosional agar makan berlebih, kata Michelle May, seorang dokter dan pendiri "Am I Hungry?" sebuah program makan dengan sadar.

Pola pikir ini menyebabkan apa yang dia sebut sebagai "siklus makan-menyesal-mengulang" yang membuat orang terjebak dalam diet yo-yo yang tak ada akhirnya. "Makanlah untuk makanan dan kenikmatan," ujarnya.

 

2. "Saya seharusnya tidak makan ini."

Jangan merusak pengalaman makan Anda dengan pikiran negatif di kepala Anda. "Alih-alih sepenuhnya menikmati apa yang Anda makan, Anda sibuk merencanakan untuk menebus dosa dengan berlatih lebih banyak atau melewati makanan ringan dan makanan Anda selanjutnya," kata May, yang juga penulis Eat What You Love, Love What You Eat.

"Sebagai hasilnya, olahraga dilakukan sebagai hukuman dan selanjutnya Anda merasa berhak untuk makan." Sering kali, pikiran selanjutnya adalah "Baiklah, saya akan memakan itu semua nanti!"

Sebaliknya, dia menyarankan, makanlah apa yang Anda sukai dengan penuh kesadaran dan tanpa rasa bersalah ataupun penyesalan.

 

3. "Saya tidak bisa memakan itu."

Daripada memikirkan makanan-makanan yang terlarang, pelajarilah bagaimana menikmati makanan menggoda yang Anda dambakan dan rasakan nikmatnya, karena itu merupakan salah satu rahasia menjaga berat badan untuk seumur hidup, kata ahli diet terdaftar Carolyn O'Neil, penulis The Slim Down South Cookbook.

Dia menjelaskan bahwa kebutuhan kalori dari gula dan lemak adalah sekitar 250 setiap harinya untuk orang dewasa sehat yang cukup aktif. "Jika Anda melakukan aktivitas fisik lebih banyak, Anda tentu juga harus menambahkan kalori," kata O'Neil. "Itulah jenis matematika yang saya suka!"

 

4. "Saya gagal diet lagi."

Buang pikiran-pikiran tentang kesempurnaan dari kepala Anda. "Ini merupakan pendekatan semua-atau-tidak sama sekali, yang mengarah untuk makan berlebihan dan merasa bersalah," kata ahli diet terdaftar Lauren Harris-Princus, pemilik Nutrition Starring YOU.

"Saya lebih suka mendengar seseorang berkata, 'Saya makan lebih banyak malam ini. Tak masalah, saya akan lebih memperhatikan makanan dan makan dengan lambat serta menikmati makanan saya.'"

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com